Lagi, Polisi Gagalkan Pemuda yang Diduga Hendak Tawuran

Lagi, Polisi Gagalkan Pemuda yang Diduga Hendak Tawuran

Kapolres Brebes (kanan) saat mengecek ke Mapolsek Jatibarang terkait remaja yang diduga hendak melakukan aksi tawuran. (Dok. Istimewa)--

RADAR TEGAL - Lagi, Tim khusus (Timsus) Kalong Polres Brebes menggagalkan sekelompok pemuda yang diduga hendak melakukan aksi tawuran geng motor, Rabu, 2 Agustus 2023 dini hari tadi. Lokasinya tepat berada di depan Rumah Sakit Bhakti Asih, Kecamatan Jatibarang.

Sebelumnya, pada Senin, 31 Juli 2023 lalu, Timsus Kalong juga berhasil mengamankan belasan ABG yang diduga hendak melakukan aksi tawuran di Kecamatan Losari.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq, saat melakukan pengecekan ke Mapolsek Jatibarang membenarkan peristiwa tersebut. Saat pihaknya sedang patroli malam, pihaknya mendapati sekelompok geng motor, yang hendak melakukan tawuran.

"Awalnya, saat kami (tim Kalong), melakukan patroli jalanan di wilayah tengah (Kersana dan sekitarnya), mendapatkan laporan ada sekelompok geng motor, tengah live di Instagram. Kami langsung meluncur menuju lokasi di sekitaran Jatibarang," ungkapnya.

Dalam keterangannya, ada lima remaja yang berhasil diamankan. Selain mengamankan lima remaja, polisi juga mwngamankan barang bukti seperti 2 Unit sepeda motor dan 3 Sajam berupa Celurit. 

Kelima remaja yang berhasil diamankan, kata Kapolres, merupakan anggota genk motor “Smeil” dari Kecamatan Lebaksiu Tegal. Diduga, merkea akan tawuran dengan sesama geng motor yakni Warcok, Pagerbarang Tegal. 

"Modus operandi meraka saling tantang melalui Media Sosial (Instagram) dari masing masing Admin geng motor tersebut," ujar Kapolres didampingi Kapolsek Jatibarang AKP Budi Supartoyo.

Kapolres menambahkan, kalau pengamanan tersebut merupakan laporan masyarakat kepada Timsus Kalong yang memang sengaja dishare kepada masayarakat. Bahkawa, saat itu di lokasi terdapat sekelompok remaja nongkrong sambil membawa sajam.

Dari laporan masyarakat itu, lanjutnya, Timsus Kalong Polres Brebes yang berkordinasi dengan Polsek Jatibarang bergerak cepat dan langsung mengamankan lima orang remaja. Dari penggeledahan yang dilakukan kepada mereka didapati 3 pucuk Sajam dan turut diamankan 2 Unit sepeda motor.

"Kelimanya berikut barang bukti kami bawa ke Mapolsek Jatibarang guna pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Kapolres menegaskan, bahwa pihaknya akan menindak segala bentuk tindak pidana dan gangguan keamanan yang meresahkan masyarakat. Timsus Kalong sendiri memang dibentuk untuk memberantas kejahatan jalanan pada saat malam hari. Sehingga masyarakat Brebes bisa merasa aman. 

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan pengawasan terhadap anaknya yang masih usia remaja. Sehingga tidak terlibat aksi kenakalan remaja seperti tawuran dan perbuatan negatif lainnya," pungkasnya.***

Sumber: