Ngga Ada Matinya! 5 Rekomendasi Usaha Bagi Kalian yang Mau Pensiunan

Ngga Ada Matinya! 5 Rekomendasi Usaha Bagi Kalian yang Mau Pensiunan

Ilustrasi: orang tua yang bahagia di masa pensiun karena memiliki dana pensiun. (Shutterstock)--

 

Kamu bisa menanam berbagai jenis tanaman yang banyak diminati seperti cabai, tomat, terong, mentimun, palawija, dan lainnya untuk dijual.

 

Jika kamu tidak punya lahan yang luas, coba sewa lahan dari orang lain untuk memulai usaha agrobisnis ini. Usaha ini menguntungkan dan juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

 

Dulu kamu bekerja, sekarang kamu menjadi majikan yang mempekerjakan orang lain. Ingatlah, pahala besar menanti bagi mereka yang berbuat baik selama hidupnya.

BACA JUGA:Langsung ke Instansi Terkait, BLT UMKM Rp600.000 Cair Cuma Modal NIK KTP

 

3. Usaha Franchise

 

Di usia senja, lebih baik memilih untuk membeli waralaba atau franchise daripada harus memulai merek sendiri dan berjuang untuk dikenal oleh publik.

 

Bisnis waralaba adalah kerjasama antara pemilik merek dan investor. Investor akan membeli waralaba dan mendapatkan hak untuk menjalankan usaha menggunakan merek tersebut.

 

Selain itu, dalam bisnis waralaba, pemilik merek juga akan memberikan standar operasional prosedur. Mereka akan memberikan pelatihan kepada karyawan, menyediakan bahan baku, membantu dalam pembuatan produk, dan melakukan pemasaran.

 

Sebagai pemodal, kamu tinggal menjalankan bisnis sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh pemilik merek saat kamu membeli waralaba.

 

4. Usaha Ternak Lele

 

Usaha ternak lele adalah usaha yang tidak pernah surut. Di Indonesia, ikan lele menjadi ikan yang paling diminati.

 

Usaha ternak ikan lele masih diminati hingga sekarang, tidak hanya di pedesaan tapi juga di perkotaan, terutama oleh pensiunan kerja.

 

Permintaan akan ikan lele sangat tinggi, tidak hanya di pasar lokal tapi juga untuk ekspor. Kandungan gizi yang tinggi membuat ikan lele memiliki cita rasa yang menarik dan banyak diminati.

 

5. Menjadi Konsultan

 

Tidak ada masalah jika kamu menggunakan ilmu dan pengalaman dari pekerjaanmu untuk menjadi seorang konsultan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, menjadi konsultan memungkinkan kamu membantu klien yang membutuhkan keahlianmu.

 

Terutama jika kamu bekerja di bidang akuntansi, hukum, pajak, atau lainnya, kamu bisa menjadi salah satu partner konsultan terpercaya. Kamu akan membantu perusahaan-perusahaan tumbuh dengan jasa konsultasimu.

BACA JUGA:Pingin Dapat Bunga Rendah Saat Ngajuin Pinjaman? Berikut Cara Memperoleh Pinjaman Online dengan Bunga Rendah

Sumber: