Ngga Ada Matinya! 5 Rekomendasi Usaha Bagi Kalian yang Mau Pensiunan

Ngga Ada Matinya! 5 Rekomendasi Usaha Bagi Kalian yang Mau Pensiunan

Ilustrasi: orang tua yang bahagia di masa pensiun karena memiliki dana pensiun. (Shutterstock)--

 

RADAR TEGAL5 Rekomendasi usaha bagi kalian yang mau pensiunan. Banyak orang berpikir bahwa setelah pensiun, tidak lagi bisa menghasilkan uang sendiri. Tetapi, melalui 5 ide bisnis ini, seorang pensiunan bisa mendapatkan uang tambahan dan bahkan menjadi seorang pengusaha yang mempekerjakan orang lain.

 

Banyak pekerja senior merasa takut saat memasuki usia pensiun. Mereka merasa ini adalah batas akhir untuk mencari uang.

 

Tapi jangan salah, bagi kamu yang sudah pensiun, bukan berarti tidak bisa mencari uang lagi. Mengandalkan tunjangan pensiun saja bisa menimbulkan banyak kendala.

 

Misalnya, kamu mungkin merasa bosan karena tidak ada aktivitas, tidak ada pemasukan, dan tentunya cemas tentang masa tua.

 

Lalu, apakah ada pekerjaan yang ideal dan menguntungkan untuk dilakukan oleh pensiunan? Berikut adalah radartegall.disway.id rangkum 5 peluang usaha menjanjikan di usia pensiunan.

BACA JUGA:Kriteria dan Proses Verifikasi Penerima BLT UMKM Fase Bulan Agustus 2023

 

1. Bisnis Kos-kosan

 

Mencari pekerjaan di usia tua membutuhkan banyak pertimbangan, terutama terkait waktu. Pada fase usia lanjut, bekerja secara berat tidak lagi mungkin, dan biasanya memerlukan waktu yang lebih lama.

 

Karena tubuh sudah tidak sekuat dulu, uang pensiunan bisa kamu manfaatkan untuk membangun sebuah kos-kosan yang dapat disewakan kepada mahasiswa, pelajar, atau karyawan. Usaha ini akan selalu dibutuhkan oleh orang-orang yang memerlukan tempat tinggal.

 

Tidak semua orang bisa langsung membeli rumah, terutama pelajar dan mahasiswa. Bahkan, banyak orang yang sudah berkeluarga lebih memilih untuk menyewa rumah daripada membeli rumah.

 

Usaha ini sangat menjanjikan jika kos-kosan milikmu berada di sekitar sekolah, kampus, atau perkantoran. Pasti banyak orang yang mencari kos-kosan di daerah tersebut.

 

Kamu bisa menentukan harga sewa kosan per bulan atau per tahun, bahkan ada yang menyewakan rumah dengan pembayaran setiap 3 bulan sekali. Seperti yang kamu tahu, harga kos-kosan saat ini paling rendah sekitar Rp250 ribu per bulan.

 

Ada juga yang menyewakan kamar kos tanpa fasilitas apa pun dengan harga Rp500 ribu per bulan, dan biaya listrik serta air ditanggung oleh penyewa.

 

2. Usaha agrobisnis

 

Usaha agrobisnis mirip dengan peternakan ini sangat cocok untuk pensiunan, terutama jika kamu punya lahan kosong yang cukup luas.

Sumber: