Menjadi Minuman Legendaris Tegal, Ini Resep Es Lontrong Slawi

Menjadi Minuman Legendaris Tegal, Ini Resep Es Lontrong Slawi

Es Lontrong Tegal--

1. Tuangkan sirup merah, sisakan sekitar satu sendok makan.

2. Masukkan es batu, kacang hijau, kolang-kaling, dan cincau hitam.

3. Tuangkan santan. Lalu, masukkan roti tawar dan beri sirup merah yang tersisa.

4. Es lontrong siap disajikan.

 

Tips Membuat Es Lontrong

Beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat membuat es lontrong di rumah:

1. Kamu bisa menggunakan agar-agar jelly sebagai pengganti cincau hitam. Pilih tekstur padat dan kekenyalan sesuai selera. Selain itu, juga menambahkan warna berbeda dalam penyajian es lontrong.

2. Jika menggunakan santan instan, tambahkan air dan rebus hingga mendidih.

3. Pilih buah kolang-kaling muda, beraroma netral, dan berwarna putih alami. Hindari memilih kolang-kaling yang lunak dan berlendir.

4. Sebelum mencampurnya dengan bahan lain, rebus kolang-kaling terlebih dahulu. Pada proses ini, kamu dapat menambahkan daun pandan untuk menambah aroma.

5. Untuk sirup merah, kamu dapat menggunakan sirup siap pakai yang banyak ditemukan di pasaran, seperti rasa mawar, cocopandan, stroberi, dan lain sebagainya. Namun, jika membuat sendiri, kamu dapat menggunakan campuran frambozen, air, gula pasir, dan daun pandan.

6. Sebelum merebus kacang hijau, rendam dengan air pada suhu ruang. Kemudian rebus sekitar 30 menit, diamkan sejenak, dan rebus kembali sekitar 7 menit.

7. Kamu bisa menikmati es lontrong dengan roti tawar terpisah, layaknya menikmati es setrup. Celupkan roti tawar, lalu sesap kuah es dan gigit bagian roti yang telah dicelupkan. Rasanya sama-sama enak.

 

Sumber: