Mitos Indonesia di Jajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun, Apakah Benar Mitos atau Memang Fakta

Mitos Indonesia di Jajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun, Apakah Benar Mitos atau Memang Fakta

--

RADAR TEGAL - Menguak fakta atau mitos dibalik narasi Indonesia dijajah oleh Belanda selama 350 Tahun.

Saat ditanyai mengenai berapa lama negara kita dijajah oleh Belanda, pasti jawaban yang akan kita lontarkan adalah 350 tahun dan kemudian dilanjutkan oleh jepang selama 3,5 tahun. Tetapi apakah anda yakin semua jawaban itu benar?

Mengenai hal ini, rupanya sudah ada beberapa perbedaan pendapat dari para sejarahwan, terutama hal tentang kapan tepatnya Belanda menjajah Nusantara (Indonesia).

Untuk lebih jelasnya mari bersama-sama membahas permasalahan ini yang selengkapnya ada dibawah ini!

Berapa Lama Belanda Menjajah Indonesia

1. Melebihi 100 Tahun

Pendapat utama datang dari 3 sejarahwan yakni Dr Lilie Suratminto, MA Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia) dan Dr Sri Margana.

Ketiga sejarahwan itu setuju jika memang penajajahan Belanda tidaklah selama 350 tahun, Dr Sri Margana mengungkapkan waktu penjajahan yang dilakukan Belanda ke Indonesia bisa terhitung saat VOC dinyatakan bubar dan bangkrut serta diambil alih oleh pemerintahan belanda pada tahun 1800.

BACA JUGA:Sejarah Bagaimana Kerajaan Majapahit Mengusir Pasukan Mongol Mundur Saat Akan Menaklukan Pulau Jawa

Sedangkan masa Voc sendiri berperiode 1602-1800, dan ditahun itu bukanlah masa penjajahan tetapi kapitalisme yang dilakukan VOC karena mengemban kekuasaan dan misi perdagangan. Tetapi ditahun itu tidak semua penjuru Indonesia dikuasai Belanda.

Jadi tak bisa terhitung secara total karen Aceh baru saja dijajah oleh Belanda pada tahun 1901, yang demikian diputuskan penjajahan Belanda secara Indonesia hanya berjalan 44 tahun.

Menanggapi pernyataan itu Lile menambahkan jika yang disebut dengan masa kolonial itu berarti telah ada sistem pemerintahan yang lengkap, dengan aparat hukum dan undang-undangnya, beserta dengan angkatan bersenjatanya.

Sedangkan alasan mengenai 350 tahun digunakan sebagai patokan penjajahan Belanda terhadap Indonesia, karena pada saat itu pemerintah politik ingin menggerakan semangat Indonesia agar semua masyarakat tergoyak, marah, dan semangat memperjuangkan NKRI.

2. Belanda Menjajah Sekitar 50 Tahun

Sumber: www.detik.com