Sudah Penuhi Syarat tapi KUR BRI 2023 Ditolak? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Sudah Penuhi Syarat tapi KUR BRI 2023 Ditolak? Mungkin 6 Hal Ini Penyebabnya

Ilustrasi. Penyebab KUR BRI 2023 ditolak-Pexels/Andrea Piacquadio-

Berikutnya, penyebab KUR BRI 2023 ditolak bisa jadi karena kuota mantri diambil dari 30 persen pencairan Kupedes atau kredit komersial.

Hal ini menyebabkan kuota mantri tidak pasti ada setiap minggunya, tergantung dari produktifitas Kupedes atau kredit komersial di masing-masing wilayah.

Kredit macet di bank penyalur KUR per wilayah

Alasan mengapa KUR BRI 2023 ditolak juga bisa jadi karena adanya kredit macet dan melebihi batas, sehingga penyaluran kredit akan di stop selling alias penyaluran kredit dihentikan.

Hal inilah yang bisa mempengaruhi nasabah yang meskipun setoran lancar menjadi terhambat untuk pengajuan KUR, bahkan bisa dialihkan ke kredit Kupedes.

Pihak bank akan menghentikan kredit kepada nasabah baru. Sementara itu, untuk nasabah lama yang boleh diberikan kredit harus sesuai dengan data yang diberikan dari kantor pusat.

Jika kasus ini terjadi, maka si nasabah yang setorannya lancar bisa masuk dalam daftar Pipeline, yaitu sebutan calon debitur yang diberikan approach untuk pinjaman kantor pusat yang masih bisa diberikan kredit.

Ada nasabah dalam keluarga atau wilayah yang macet bayar

Faktor berikutnya yang menyebabkan KUR BRI 2023 ditolak atau tidak disetujui, yaitu kemungkinan adanya nasabah dalam keluarga atau wilayah yang menunggak kredit.

Misalnya, ada nasabah baru ingin mengajukan KUR, namun ternyata setelah dicek pihak bank, orangtuanya memiliki tunggakan kredit alias macet membayar. 

BACA JUGA : Cuma 5 Syarat dan Tanpa Jaminan, KUR Mandiri 2023 Pinjaman Rp50 Juta Bunga 0,2 Persen Perbulan

Bisa juga karena ada nasabah lain yang tinggal satu wilayah atau satu dusun dan dalam jumlah banyak sama-sama menunggak kredit, ini juga bisa menjadi alasan mengapa KUR BRI 2023 ditolak.

Rekam jejak si calon debitur

Penyebab KUR BRI 2023 ditolak berikutnya tentu saja berdasarkan dari riwayat si calon debitur.

Riwayat pinjaman di BRI maupun bank lain atau lembaga sejenisnya akan sangat mempengaruhi pengajuan pinjaman di waktu berikutnya.

Sumber: