Cair Rp1.000.000! Berikut Batas Pendaftaran BLT PIP 2023, Wali Murid Wajib Tahu

Cair Rp1.000.000! Berikut Batas Pendaftaran BLT PIP 2023, Wali Murid Wajib Tahu

Ilustrasi: Buku tabungan SIMPEL (Simpanan Pelajar) Bank BNI--

RADAR TEGAL - Sisa waktu hanya satu hari lagi bagi para pelajar penerima BLT PIP untuk mengaktifkan rekening SIMPEL mereka dan menerima bantuan.

Pemerintah telah memberikan perpanjangan waktu untuk aktivasi rekening sebelumnya, tetapi jika pelajar tidak mengaktifkannya sebelum batas waktu yang ditentukan, mereka tidak akan bisa menerima BLT PIP dan bantuan tersebut akan hangus.

BACA JUGA:4 Pinjol dengan Bunga Rendah Tanpa Agunan Resmi OJK, Dijamin Cepat Cair

BLT PIP

Jika ada pelajar yang belum mengaktifkan rekening, mereka harus segera datang ke Bank Penyalur dengan membawa berkas-berkas berikut ini:

  1. Surat Keterangan Aktivasi Rekening SIMPEL yang diterbitkan oleh pihak sekolah.
  2. Dokumen Kependudukan seperti KTP dan KK.
  3. Mengisi formulir aktivasi rekening SIMPEL yang telah disediakan oleh bank.

Pastikan nama pelajar termasuk dalam SK Nominasi penerima BLT PIP 2023 hingga tanggal 31 Juli 2023 besok agar bisa mendapatkan bantuan ini.

Untuk siswa SD dan SMP, aktivasi rekening dilakukan di Bank BRI. Sedangkan siswa SMA/SMK melakukan aktivasi rekening di Bank BNI.

Setelah aktivasi selesai, para pelajar akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM untuk penarikan bantuan.

Namun, perlu diingat bahwa bantuan tidak langsung diberikan setelah proses aktivasi selesai. Para siswa tetap akan mendapatkan bantuan subsidi Pendidikan dari pemerintah.

Bantuan ini dikenal sebagai Program Indonesia Pintar atau PIP, yang disalurkan oleh Kemendikbudristek RI untuk membantu pelajar dari keluarga kurang mampu.

BACA JUGA:Cek Penerima PIP Agustus 2023, Siswa Dapat Dana Cair Rp1 Juta dari Kemdikbud di Tahap 2

Bantuan ini disalurkan untuk siswa-siswi di tingkatan akhir, yaitu kelas 6, kelas 9, dan kelas 12. Jumlah bantuan yang diterima berbeda untuk setiap tingkatan:

  • Siswa kelas 6 menerima Rp450.000.
  • Siswa kelas 9 menerima Rp750.000.
  • Siswa kelas 12 menerima Rp1.000.000.

Para penerima manfaat (KPM) sudah menunggu bantuan ini karena saat ini sudah masuk tahun ajaran baru. Bantuan ini membantu para siswa untuk membeli berbagai keperluan sekolah.

Selain itu, bantuan ini juga bisa diterima oleh KPM PKH dan BPNT yang memiliki anggota keluarga yang memenuhi syarat sebagai penerima PIP.

BACA JUGA:Ternyata Satu Guru! Persahabatan KH Ahmad Dahlan dan KH Hasyim Asy'ari, Pendiri Muhammadiyah dan NU

Cara daftarnya

Cara mendaftarnya sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka link pip.kemdikbud.go.id. Berbeda dengan PKH dan BPNT, bantuan PIP hanya diberikan satu kali dalam setahun. Jadi, jika kamu belum mengaktifkan rekening, segera kunjungi bank penyalur.

Perlu diingat, jika tidak ada perpanjangan waktu dari Puslabdik Kemendikbud Ristek, batas akhir aktivasi rekening adalah 31 Juli 2023, dan bantuan PIP akan hangus jika tidak diaktifkan sebelum tanggal tersebut.

Demikian informasi tentang pendaftaran hari terakhir BLT PIP untuk siswa yang membutuhkan. Temukan banyak informasi tentang BLT lainnya, hanya di radartegal.disway.id, semoga bermanfaat.(*)

Sumber: