Sejarah Yogyakarta: Jejak Kejayaan dan Peranannya dalam Perjuangan Kemerdekaan

Sejarah Yogyakarta: Jejak Kejayaan dan Peranannya dalam Perjuangan Kemerdekaan

Sejarah Yogyakarta-Wikipedia-

RADAR TEGAL  –   Sejarah Yogyakarta adalah kisah yang memikat tentang sebuah kota dengan kekayaan budaya Jawa yang luar biasa. 

Sejarah Yogyakarta mencakup perjalanan panjang dari masa lampau hingga masa kini. Pada masa lalu, Yogyakarta pernah pusat Kesultanan Mataram pada masa lampau (1575-1640) yang memiliki peran penting dalam penguasaan wilayah Jawa dan merupakan simbol kebesaran kerajaan.

Tidak hanya itu, sejarah Yogyakarta juga memainkan peran besar dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Kota ini pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia pada periode antara tanggal 4 Januari 1946 hingga 27 Desember 1949.

Informasi mengenai sejarah Yogyakarta ini didapatkan dari kanal YouTube Icon Of Indonesia oleh Radar Tegal.

BACA JUGA:Mengupas Sejarah Raden Mas Hanggawana Setelah Menggantikan Kepemiminan Ki Gede Sebayu, Ini di Balik Kisahnya

Yogyakarta, kota istimewa dengan kekayaan budaya Jawa

Yogyakarta, sebuah kota yang memancarkan pesona tradisional dan kekayaan budaya Jawa, merupakan ibu kota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. 

Terletak di bagian tengah selatan Pulau Jawa, Yogyakarta memiliki luas wilayah sekitar 3186 km2 dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 373.589 jiwa. 

Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bantul di sebelah selatan, Kabupaten Sleman di sebelah timur, dan sebagian wilayahnya berada di Kabupaten Sleman di bagian barat dan utara.

Sejarah dan peran Kesultanan Mataram di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki sejarah yang kaya dan cemerlang. Pada masa lalu, kota ini menjadi pusat Kesultanan Mataram antara tahun 1575 hingga 1640. Kecamatan Kotagede adalah salah satu kecamatan di Yogyakarta yang menjadi pusat Kesultanan Mataram pada masa itu.

Daerah Swapraja dan dua kerajaan besar di Yogyakarta

Sebelum Indonesia merdeka, Yogyakarta merupakan daerah dengan pemerintahan sendiri atau disebut daerah swapraja. Terdapat dua kerajaan besar di Yogyakarta pada masa itu, yaitu Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kadipaten Pakualaman. 

Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat didirikan oleh Pangeran Mangkubumi yang bergelar Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1755. 

Sumber: icon of indonesia