Butuh Elpiji 3 Kg, Warga Tidak Mampu Kota Tegal Dipersilakan Pertamina Lakukan Ini

Butuh Elpiji 3 Kg, Warga Tidak Mampu Kota Tegal Dipersilakan Pertamina Lakukan Ini

MERAPIKAN - Seorang pemilik pangkalan di Tegal sedang merapikan gas elpiji 3 Kg, Kamis 27 Juli 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL - Warga tidak mampu Kota Tegal yang membutuhkan elpiji 3 kilogram (kg) dipersilakan Pertamina untuk mendaftar ke pangkalan. Hal ini bertujuan agar mereka tetap bisa mendapatkan bahan bakar tersebut dengan harga eceran tertinggi (HET).

Sales Branch Manager Retail Wilayah Tegal Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah Taufik, menyampaikan hal itu saat meninjau pangkalan elpiji 3 Kg di Kota Tegal, Kamis 27 Juli 2023.

Menurut Taufik, di Kota Tegal sudah ada 238 pangkalan elpiji 3 kg yang sudah mulai melaksanakan Program Subsidi Tepat. 

Hingga hari ini, tercatat sudah ada 64.648 transaksi di 238 pangkalan oleh 6.060 konsumen terdaftar. Dimana transaksi tersebut tercatat di website Subsidi Tepat Pertamina.

"Sehingga siap mengimplementasikan pencatatan pembelian elpiji 3 Kg menggunakan microsite itu," kata Taufik.

BACA JUGA:Terkait Rencana Konversi dari Elpiji, Pemerintah Kenalkan Kompor Listrik kepada Nelayan Pantura

Taufik menegaskan, pendaftaran Program Subsidi Tepat ini masih terus berlangsung. Bagi yang sudah terdaftar di data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) bisa langsung bertransaksi. 

"Jumlah konsumen di Kota Tegal yang telah terdaftar di Subsidi Tepat sebanyak 6.060 konsumen. Sementara itu, untuk jumlah pendaftar secara keseluruhan di wilayah Jawa Tengah kini sudah mencapai 1.138.770 konsumen,” kata Taufik.

Menurutnya, warga yang belum terdaftar, akan dibantu oleh pihak pangkalan elpiji 3 Kg. Syarat mendaftar, menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP dan Kartu Keluarga. 

"Pendaftaran hanya perlu dilakukan sekali," ujarnya.

Taufik menjelaskan, dengan adanya Program Subsidi Tepat, pendistribusian elpiji subsidi lebih termonitor dan mengarah ke program tepat sasaran dan tepat jumlah.

Menurutnya, sistem ini telah tersinkronisasi dengan baik dan petugas pangkalan dapat membantu proses pendataan konsumen menggunakan akun pangkalan.

"Sehingga tak butuh waktu lama untuk melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat ini," sambungnya.

BACA JUGA:Sudah Berlaku! Sekarang Beli Elpiji 3 Kg di Kabupaten Tegal Harus Pakai NIK KTP dan KK

Sumber: