Mengenal Jasa-jasa Perjuangan Gendowor Memajukan Perekonomian Masyarakat Tegal di Era Kesultanan Amangkurat II

Mengenal Jasa-jasa Perjuangan Gendowor Memajukan Perekonomian Masyarakat Tegal di Era Kesultanan Amangkurat II

Mengenal Jasa-jasa Perjuangan Gendowow Memajukan Perekonomian Masyarakat Tegal di Era Kesultanan Amangkurat II--

RADAR TEGAL - Mengenal jasa perjuangan Gendowor dalam memajukan perekonomian dan pertanian masyarakat Tegal di era Kekuasaan Amangkurat II. Simak selengkapnya dibawah ini.

Tegal sebuah Kota dan Kabupaten yang berada di Jawa Tengah memang menyimpan segudang cerita, Khusunya cerita pahlawan. Salah satu kisah heroik dari Kota Bahari ini adalah kisah dari seorang yang bernama Gendowor yang beliau merupakan pemimpin Tegal pada era Amangkurat II.

Oke untuk lebih jelasnya bisa simak penjelasan dibawah ini:

Sejarah Singkat Gendowor

Gendowor atau nama aslinya ialah Ki Pranantaka merupakan sosok yang sangat berjasa bagi masyarakat Tegal. Beliau merupakan orang yang berperan penting dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Tegal di era Kekuasaan Amangkurat II.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Ruwat Bumi di Guci: Suatu Bentuk Rasa Syukur Kepada Tuhan Setiap 1 Suro

Beliau merupakan orang kepercayaan Adipati Martalaya. Karena kesetiaanya kepada Adipati Martalaya tak pernah tergoyangkan membuat Gendowor menjadi orang yang berperan penting di kalangan penguasa kala itu.

Karena telah menjadi orang kepercayaan dan orang penting, Gendowor berhasil mendekatkan diri kepada Sunan Amangkurat II, yang kala itu menjadi raja dari Kesultanan Mataram.

Kepribadian yang dimiliki sosok Gendowor yang jujur, polos, dan memiliki hati yang bersih, membuatnya menjadi sosok yang dipanuti masyarakat Tegal.

Beliau juga memiliki pandangan politik yang sejalan dengan Adipati Martalaya, terutama jika berhubungan dengan penolakan Kesultanan Mataram bekerja sama dengan VOC milik Belanda. Hal ini menunjukan bahwa kesetiaan Gendowor bukanlah bualan semata, dan terbuktikan bahwa dirinya lebh memntingkan bangsa dan negaranya.

Jasa-jasa Perjuangan Gendowor Kepada Masyarakat Tegal

Saat Adipati Martalaya wafat pada 17 Januari 1678, Ki Pranantaka atau Gendowor mengisi posisi tanggung jawab untuk menjadi pemimpin Tegal selama periode tiga tahun.

Saat masa kepemimpinannya beliau berhasil sedikit demi sedikit memajukan ekonomi pertanian masyarakat Tegal, yang hal ini memberikan dampak yang positif bagi wilayah Tegal dan sekitarnya.

Beliau memajukan perekonomian Tegal dengan memfokuskan mengembangkan lahan pertanian para warga yang kala itu menjadi pencaharian utama.

Sumber: