Di Kabupaten Tegal, Pawai Obor dan Sunatan Massal Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam

Di Kabupaten Tegal, Pawai Obor dan Sunatan Massal Meriahkan Peringatan Tahun Baru Islam

SUNAT MASSAL - Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Lembasari Kecamatan Jatinegara dimeriahkan salah satunya dengan sunatan massal, Selasa 24 Juli 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL - Menjadi salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki tradisi kuat, peringatan Tahun Baru Islam 1445 H di Kabupaten Tegal selalu meriah. Salah satu cara memeriahkannya dengan menggelar pawai obor dan sunatan massal.

Hal ini seperti terlihat dalam Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah di Desa Lembasari Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal.

Kegiatan diawali dengan pawai obor, sunatan massal, pengajian umum, dan pemberian santunan kepada anak-anak yatim, piatu serta dhuafa.

Tandfidiyah Nahdlatul Ulama (NU) Ranting Jatinegara Saeful Aziz mengatakan, peringatan Tahun Baru Islam ini digelar oleh Pengurus Ranting NU Desa Lembasari Kecamatan Jatinegara.

Rangkaiannya yakni, pawai obor yang dilaksanakan pada malam Rabu 1 Muharam 1445 Hihriyah. Pawai ini diikuti oleh para santri TPQ, MDTA  dan masyarakat umum.

"Kemudian kita lanjutkan dengan kegiatan sunatan masal yang merupakan kerjasama antara PRNU Lembasari dengan Lembaga Kesehatan MWC NU Jatinegara serta Rumah Khitan Nusantara," kata Saeful Aziz, Rabu 25 Juli 2023.

BACA JUGA:Sama-sama Selasa Libur Imlek Gak Digeser seperti Maulid Nabi dan Tahun Baru Islam, Cuitan Ustaz Hilmi Dibully

Dia berujar, sunatan massal ini diikuti 9 anak dari Desa Lembasari dan Luwijawa. Kegiatan ini dilksanakan di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al Mubarok Lembasari, Selasa 25 Juli 2023 malam.

Sementara untuk acara puncaknya, pengajian umum dan santunan anak yatim, piatu dan dhuafa. Acara ini menghadirkan KH Abdul Aziz dari Kabupaten Tegal.

"Kegiatan ini merupakan awal dari program kepengurusan NU Ranting Desa Lembasari yang bertepatan dengan peringatan Tahun Baru Islam," ujarnya.

Dia mengungkapkan, anggaran kegiatan ini berasal dari para donatur dan masyarakat Desa Lembasari serta warga yang merantau di Jakarta. Anggaran yang sudah masuk sebesar Rp25 juta. 

"Alhamdulillah acara ini berjalan sukses," imbuhnya. ***

Sumber: