Marak Aksi Tawuran Geng Motor, Polres Brebes Gercep Lakukan Langkah Pencegahan Ini

Marak Aksi Tawuran Geng Motor, Polres Brebes Gercep Lakukan Langkah Pencegahan Ini

Tim Kalong Polres Brebes siap beraksi mengantisipasi dan mencegak aksi tawuran geng motor dan kejahatan jalanan lainnya di wilayah Brebes.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Maraknya aksi tawuran antar geng motor, bahkan sampai menyebabkan jatuhnya korban jiwa, membuat Polres Brebes melakukan sejumlah langkah antisipasi dan pencegahan.

Salah satunya dengan menerjunkan Tim Kalong untuk melakukan patroli khusus menyisir semua titik rawan di Kabupaten Brebes.

Tim Kalong merupakan tim khusus Polres Brebes yang beraggotakan 15 orang terlatih.

Sebelum diterjunkan, Kapolres Brebes memeriksa dan mengecek langsung persiapan Tim Kalong di halaman Mapolres, Rabu 26 Juli 2023.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq menjelaskan, pembentukan Tim Kalong berfungsi menggelar patroli rutin. 

BACA JUGA:1 Dari 3 Pelaku Penyebab Meninggalnya Anggota Geng Motor di Brebes Ternyata Residivis Kasus Sama

Khususnya, memberi rasa aman, nyaman, dan keselamatan masyarakat di Kabupaten Brebes. 

Menurutnya, upaya pengamanan juga digelar melalui patroli siber dan media sosial. Sehingga, segala bentuk aksi bentrok maupun konflik bisa lebih diminimalisir.

"Tim Kalong, dibekali kemampuan khusus mulai mengendarai motor, menembak hingga pengamanan jarak dekat. Upaya ini, menjadi komitmen Polres Brebes menjaga harkamtibmas," ungkapnya didampingi Wakapolres Kompol Arwansa.

Langkah antisipatif Tim Kalong, lanjut Guntur, digencarkan melalui patroli dan menyisir semua titik rawan. Nantinya, timsus bekerja secara preventif straight (pencegahan dan penindakan) di lapangan. 

Yakni membubarkan semua kerumunan geng motor atau kejahatan jalanan lainnya. Terlebih, belakangan ini banyak terjadi aksi tawuran antar geng motor.

BACA JUGA:Terduga Pelaku Penyebab Dua Anggota Geng Motor Meninggal Akibat Kecelakaan Diringkus Polisi

"Sehingga butuh perhatian dan patroli ekstra untuk meminimalisir semua potensi kerawanan aksi kejahatan," ujarnya.

Menurut Guntur, Tim Kalong akan bekerja melebihi standar patroli rutin. Yakni, bekerja mengawasi dan melakukan tindakan-tindakan pada jam-jam rawan dan tertentu. 

Sumber: