8 Kota Terpanas di Indonesia, Nomor 5-8 dari Provinsi Ini!

8 Kota Terpanas di Indonesia, Nomor 5-8 dari Provinsi Ini!

--pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Musim kemarau di Indonesia biasanya terjadi mulai bulan April sampai Oktober. Namun, di daerah Jawa, Sumatera, dan Bali cenderung mengalami musim kemarau yang lebih panjang dan kering.

Sedangkan, di daerah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua memiliki iklim yang lebih lembab dan curah hujan lebih merata sepanjang tahun.

BACA JUGA:Auto Sultan Kerja Disini, Inilah 6 Kabupaten/Kota Dengan UMK Tertinggi Tahun 2023

8 Kota Terpanas yang Ada di Indonesia

Saat musim kemarau, suhu harian di beberapa kota-kota besar cenderung sangat tinggi.

Melansir dari kanal youtube Top 5 Infonesia, berikut ini 8 kota terpanas yang ada di Indonesia.

1. Kota Medan, Sumatera Utara

Kota Medan memiliki suhu rata-rata harian 31-33° C. Banyaknya bangunan dan jalan, serta perkembangan urbanisasi uang pesat menyebabkan kota ini menjadi salah satu kota terpanas di Indonesia.

Selain itu, karena terletak di dataran rendah dan curah hujannya yang rendah, juga menjadi faktor lain tingginya suhu di kota ini.

2. Kota Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang juga memiliki suhu yang tinggi sepanjang tahun. Suhu rata-rata hariannya berkisar antara 30-32° C.

Sebagai kota yang terletak di pesisir pantai utara Jawa menyebabkan suhu yang lebih tinggi. Hal ini karena pengaruh dari suhu laut yang panas dan kelembaban udara yang tinggi.

3. Kota Surabaya, Jawa Timur

Sebagai ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya termasuk dalam daftar kota terpanas di Indonesia.

Suhu rata-rata harian di Surabaya berkisar antara 31°C hingga maksimal bisa mencapai 40°Celcius saat musim panas.

Tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, dan banyaknya polusi udara menjadi faktor panasnya Kota ini.

4. Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Kota Makassar terletak dekat dengan garis khatulistiwa. Hal ini menyebabkan kota ini menerima paparan sinar matahari secara langsung sepanjang tahun.

Kota ini terpengaruh oleh muson. Akibatnya, musim kemarau yang lebih panjang dan musim hujan yang lebih pendek. Suhu rata-rata harian di Makassar berkisar antara 32-34°C.

Selain itu, kota ini juga memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Hal itu membuat kondisi kota ini terasa lebih panas.

5. Kota Samarinda, Kalimantan Timur

kota terbesar di Provinsi Kalimantan Timur Samarinda memiliki suhu yang cukup tinggi seperti kota-kota lain di Kalimantan.

Samarinda memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata harian berkisar antara 32-34°C. Keberadaan Sungai Mahakam meningkatkan kelembaban udara dan menghasilkan panas yang lebih tinggi.

Selain itu, pengaruh hutan dan lahan gambut di Kalimantan Timur termasuk Samarinda mengakibatkan suhu yang lebih tinggi di sekitar kota.

6. Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Terletak di provinsi Kalimantan Selatan, kota ini terkenal dengan suhu yang panas dan tingkat kelembaban yang tinggiSuhu rata-rata harian di Banjarmasin berkisar antara 33-35°C terutama selama musim kemarau.

Banjarmasin terkenal dengan sistem sungai dan kanal yang luas seperti sungai Martapura dan kanal Banjarmasin. Itulah mengapa kelembaban udara dan panas di kota ini lebih menjadi meningkat.

7. Kota Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak terletak di sepanjang Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di IndonesiaSelain itu, kota ini juga berada di dekat garis khatulistiwa sehingga terletak di daerah tropis dengan cuaca yang hangat sepanjang tahun.

Di musim kemarau, suhu kota ini bisa mencapai 30-35°CPontianak juga memiliki tingkat kelembaban yang tinggi. Oleh karena itu, suhu terasa lebih panas dan cuaca terasa lebih lembab.

BACA JUGA:Ini Kota Paling Aman di Indonesia, 3 di Antaranya Terkenal, Loh!

8.  Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah

Kota Palangkaraya terletak di daerah tropis yang dekat dengan khatulistiwa. Oleh sebab itu, kota ini menerima sinar matahari secara langsung dan memiliki durasi siang yang relatif konstan sepanjang tahun.

Suhu di Kalimantan Tengah bisa mencapai 35,6°C.

Selain itu, hutan hujan tropis yang mengelilingi kota ini membuat suhu yang tinggi menjadi bertahan. Hal ini karena pepohonan yang lebat dan tingkat kelembapan tinggi di kota ini.

Demikian informasi mengenai 8 kota terpanas di Indonesia. Informasi ini berdasarkan pengetahuan umum mengenai suhu di kota-kota tersebut.

Perlu diingat bahwa suhu dapat bervariasi tergantung musim, cuaca, dan faktor geografis. Adapun perubahan lingkungan juga dapat mempengaruhi suhu di kota-kota tersebut.***

Sumber: youtube top 5 infonesia