Butuh Belanja Keperluan Malam-malam? Pasar di Kabupaten Tegal Ini Buka 24 Jam

Butuh Belanja Keperluan Malam-malam? Pasar di Kabupaten Tegal Ini Buka 24 Jam

Pasar Bawang di malam hari-Syamila Isyqi-

RADAR TEGAL, Mengenal kata pasar, yang pertama kali terngiang di benak kita pastinya adalah sebuah tempat belanja ibu-ibu di pagi hari. Biasanya, paling lama buka sampai sore hari. Tetapi, beda halnya dengan Pasar Bawang di Adiwerna, Kabupaten Tegal.

Dari namanya, kebanyakan orang mengira kalau Pasar Bawang adalah pasar yang menjual bawang. Sebenarnya, pasar ini adalah pasar seperti umumnya yang menyediakan semua jenis kebutuhan, baik itu sayur, buah, daging, maupun alat rumah tangga.

Pasar Bawang ini berlokasi di sepanjang Jalan Banjaran Barat, di daerah Pejagan, Adiwerna, Kabupaten Tegal. Lokasinya berada di jalan yang ramai dan sibuk. Hal ini karena daerah Banjaran itu adalah tempatnya jajaran toko-toko.

Yang unik dari Pasar Bawang adalah ketersediaannya sampai 24 jam. Kalau Anda melewati pasar ini tengah malam atau dini hari, Anda akan menemukan pedagang yang masih menjual dagangannya di tepi jalan.

BACA JUGA:Pecinta Nasgor Wajib Coba! Kuliner Nasi Goreng Pak Parmin di Adiwerna Dekat Tol Pejagan

Pasar Bawang sebagai salah satu pasar induk di Tegal

Mulanya, pasar sepanjang jalan yang ini adalah pasar sementara bagi pedagang dari Pasar Banjaran. Pada masa itu, daerah Pasar Banjaran mengalami renovasi.

Para pedagang pun mulai menggelar kulakannya di sekitarnya, salah satunya di jalan Banjaran Barat. Lama-kelamaan, pasar itu menjadi pasar induk. Lokasinya yang strategis membuat orang-orang ramai membeli di sana.

Jalan di pasar ini terkenal padat, dengan jalanan yang tidak memadai. Di musim hujan, kondisi ini ditambah dengan kebecekan di sepanjang jalan rusak. Belum lagi, jika ada kereta lewat yang menambah kemacetan.

Buka mulai tengah malam dan dini hari

Mulai sore hari, pedagang yang buka sejak pagi hari akan mulai menutup dagangannya. Kemudian, pedagang yang menjual di malam hari akan mulai menggelar dagangannya. Beberapa bahkan mulai menggelar di tengah malam, atau dini hari, mulai jam 12 hingga jam 1.

Oleh karena selalu ada pedagang yang punya waktu dagang sendiri, pasar ini tidak pernah sepi dari kegiatan jual beli. Pasar Bawang selalu tersedia 24 jam.

BACA JUGA:Uniknya Masjid Tukul di Tegal yang Dibuat Salah Satu Wali dari Wali Songo Hanya Semalam di Malam Jumat Kliwon

Di malam hari, meskipun tidak seramai siang, pasar dipenuhi oleh pedagang sayur dan buah yang baru didatangkan dari pemasok. Kebanyakan pembelinya belanja grosir untuk menjual kembali barang dagangan itu.

Sumber: https://youtu.be/tsun-34xr9g