Tak Jauh dari Pusat Kota Slawi, Ini Kebun Buah Melon Asal Thailand di Kabupaten Tegal yang Lagi Viral

Tak Jauh dari Pusat Kota Slawi, Ini Kebun Buah Melon Asal Thailand di Kabupaten Tegal yang Lagi Viral

Seorang pengunjung sedang memetik buah melon jenis Sweet Net 9 di Green House Lazuardi Farm Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal.-Yeri Noveli-

RADAR TEGAL - Letaknya tak jauh dari pusat Kota Slawi, ini Kebun Buah Melon Asal Thailand di Kabupaten Tegal yang lagi viral.

Jenis buah melon yang dibudidaya disini bernama Sweet Net 9. Buah yang mengandung vitamin B6 untuk membantu merangsang pembentukan serotonin atau zat kimia otak ini berasal dari Thailand.

Kini, buah melon itu dibudidaya di Kabupaten Tegal. Tepatnya di Green House Lazuardi Farm yang berlokasi di Desa Dukuhwringin, Kecamatan Slawi. 

Melon berwarna hijau ini ditanam di lahan seluas sekitar 312 meter persegi. Di lahan tersebut, ada sekitar 600 pohon melon yang ditanam.

"Masing-masing pohon bisa menghasilkan 1 sampai 2 kilogram melon jenis sweet net 9," kata pemilik Green House Lazuardi Farm, Nurhayati, Sabtu 23 Juli 2023.

BACA JUGA:Rujak Teplak Tegal dan Slawi Sangat Unik, Ada Ciri Khasnya yang Bikin Susah Lupa

Nurhayati yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal ini menuturkan, jika panen raya, seluruh tanaman melonnya bisa menghasilkan 900 sampai 1,2 ton buah per musim. Panen raya sudah dilakukan sejak dua pekan silam.

Adapun musim panen sendiri biasanya satu minggu setelah penyemaian bibit tanaman melon. Sedangkan untuk budidayanya, membutuhkan waktu sekitar 65 sampai 70 hari setelah tanam.

Nurhayati berharap, ke depan Lazuardi Farm terus berkembang, sehingga bisa menjadi kebun edukasi dan destinasi Agrowisata baru di Kabupaten Tegal. 

"Lokasinya tidak jauh dari pusat perkotaan Slawi, sehingga mudah dijangkau bagi masyarakat ataupun wisatawan," kata Nurhayati. 

Selain melon, di area kebun juga terdapat buah lainnya seperti jeruk lemon, jambu air, dan lainnya.

BACA JUGA:Menikmati Minuman Legendaris Es Lontrong Khas Slawi, Cobain Lur!

Ditanya alasan kenapa memilih melon jenis sweet net 9 asal Thailand, Nurhayati menjelaskan bahwa melon jenis itu salah satu yang sedang dikembangkan oleh petani muda Kabupaten Tegal. 

Sehingga ketika Nurhayati ditunjukkan konsep green house melon sweet net 9 oleh para petani muda, dia langsung menyetujui dan sepakat untuk mulai mencoba. 

Sumber: