Unik! Desa di Brebes Ini Namanya Sama, Tapi Beda Kecamatan

Unik! Desa di Brebes Ini Namanya Sama, Tapi Beda Kecamatan

Tugu selamat datang di Kabupaten Brebes berada di wilayah Kecamatan Losari. (istimewa)--

RADAR TEGAL - Kabupaten Brebes berada di wilayah paling barat Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Daerah yang identik dengan bawang merahnya ini memiliki 292 desa dan 5 kelurahan. Dari 297 desa dan kelurahan, sejumlah desa dan kelurahan namanya sama tapi beda kecamatan.

Dari 297 desa dan kelurahan yang ada si Kabupaten Brebes ada sejumlah desa atau kelurahan yang memiliki nama yang sama. Namun, berada di kecamatan yang berbeda.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermades) Kabupaten Brebes Subagyo mengatakan. Memang ada sejumlah desa dan kelurahan di Kabupaten Brebes yang memiliki nama yang sama. Namun, berbeda kecamatan.

"Iya memang ada ada sejumlah desa namanya sama persis, tapi berada di kecamatan yang berbeda," ujarnya, Sabtu, 22 Juli 2023.

Dia menyebutkan, sejumlah desa yang memiliki nama yang sama yakni seperti, Desa Jatisawit, Kecamatan Losari dan Desa Jatisawit, Kecamatan Bumiayu. Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu dan Desa Dukuhuri, Kecamatan Ketanggungan.

Kemudian, Desa Limbangan, Kecamatan Losari dengan Desa Limbangan, Kecamatan Kersana. Dan Kelurahan Limbangan Wetan dan Kelurahan Limbangan Kulon, Kecamatan Brebes. Selanjutnya, Desa Pende, Kecamatan Kersana dan Desa Pende, Kecamatan Banjarharjo. 

Subagyo menjelaskan, memang kalau ada warga yang menyebutkan nama desa di atas tanpa menyebutkan nama kecamatannya akan bingung. Namun, jika mwnyebutkannya dengan nama kecamatnnya masyarakat akan mudah memahami.

Lebih lanjut, Subagyo menerangkan bahwa penamaan sebuah desa pasti ada nilai historinya tersendiri. Sehingga, tidak mungkin ada penggantian nama.

"Ya nama sebuah desa itukan punya histori dan sejarah masing-masing. Dan tidak mungkin pemerintah daerah memaksakan untuk menggantinya. Karena, memang tiap desa punya historinya tersendiri," pungkasnya.***

Sumber: