Soto Khas Tegal Ini Sudah Eksis dari Tahun 1970an Salah Satunya Warung Soto Tauco H. Caup Gendut

Soto Khas Tegal Ini Sudah Eksis dari Tahun 1970an Salah Satunya Warung Soto Tauco H. Caup Gendut

--

TEGAL, radartegal.disway.id - Ketika kalian mendengar kata 'Tegal', apa yang muncul di pikiran kalian? Mungkin tempat wisatanya seperti Guci, PAI, atau Waduk Cacaban.

Selain itu, makanan khasnya juga menarik, seperti tahu aci, kupak glabed, sate kambing muda, dan soto tauco khas Tegal.

Kali ini, kita akan fokus pada makanan khas Tegal yang memiliki cita rasa yang enak, unik, dan berbeda dari yang lain.

Makanan ini memiliki ciri khasnya sendiri, dan rasa uniknya berasal dari satu bumbu kunci. Makanan tersebut adalah soto tauco khas Tegal.

Jika kalian berada di Tegal, jangan lupa mencicipi soto tauco khas Tegal. Mungkin saat mencobanya pertama kali, kalian akan merasa aneh karena ada rasa asam di dalamnya, tetapi itu adalah ciri khas dari soto tauco.

Setiap daerah memiliki soto khasnya masing-masing. Misalnya, di Jakarta ada soto Betawi yang ditambahkan kentang dan emping.

Di Banyumas, ada soto ayam dengan bumbu kacang. Begitu juga di Tegal, ada keunikan sendiri dari soto tauco khas mereka.

BACA JUGA:Kenapa Kuliner Khas Tegal Ini Bernama Glotak? Begini Sejarahnya

Ciri Khas Soto Tauco Khas Tegal

Apa yang membuat soto tauco khas Tegal begitu istimewa? Soto Tegal ini terdiri dari nasi, daging ayam/sapi/babat, daun bawang, dan toge, dengan kuah berwarna coklat yang khas.

Yang membuatnya istimewa adalah tambahan tauco yang memberikan sentuhan sedikit asam namun enak pada rasanya.

Tauco itu apa ya? Tauco sebenarnya adalah hasil fermentasi kacang kedelai dengan gula merah dan garam, memberikan rasa gurih, pedas, asam, dan manis.

Warna tauco ini coklat, dan ketika ditambahkan ke dalam soto Tegal, membuat warnanya berubah menjadi coklat juga, bersamaan dengan tambahan kecap manis.

Soto Touco H. Caup Gendut

Jika kalian ingin mencicipi soto tauco ini, datanglah ke Warung Soto Tauco H. Caup Gendut. Warung ini sudah terkenal di Tegal sejak tahun 1970an.

Lokasinya berada di tengah kota Tegal, dekat alun-alun Tegal. Tepatnya, di belakang pos polisi Alun-alun Tegal, di pasar senggol.

Warung soto tauco khas Tegal ini juga orang kenal dengan nama soto pasar senggol karena lokasinya di pasar senggol.

Setiap hari, warung ini selalu penuh dengan pengunjung, terutama saat makan siang. Jadi, kalian perlu bersabar untuk antri memesan makanan.


Di Warung H. Caup Gendut, harga satu porsi soto tauco berkisar antara Rp15.000 hingga Rp30.000, tergantung pada jenis daging yang
kita pilih. Harganya terjangkau dan cocok bagi kalian yang ingin mencoba soto tauco.

BACA JUGA:Dukung Pengembangan Sektor Industri Kreatif, Bupati Tegal Buka Festival Kuliner Indonesia di Teksin

Alamat Warung Soto Tauco H. Caup Gendut

Warung H. Caup Gendut berlokasi di Jalan KH. Mansyur No. 8, Mangkukusuman, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal. Warung soto ini buka setiap hari dari jam 08.00 pagi hingga jam 11.00 malam.

Demikian informasi tentang soto tauco khas Tegal. Temukan banyak informasi makanan khas Tegal lainnya hanya di radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat dan selamat berkuliner.(*)

Sumber: