Kereeen! Satu-satunya di Indonesia, Desa di Batang, Jateng Punya Balai Desa Megah 8 Lantai Setinggi 35 Meter

Kereeen! Satu-satunya di Indonesia, Desa di Batang, Jateng Punya Balai Desa Megah 8 Lantai Setinggi 35 Meter

Pembangunan kantor bala desa megah oleh warga Desa Sembung, Batang, Jateng. --

TEGAL, radartegal.disway.id - Benar-benar luar biasa apa yang dilakukan seorang kepala desa (kades) di Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini. Melalui swadaya, dana Corporate Social Responsibility (CSR), dan uang pribadinya, dia membangun kantor balai desa megah dan mewah.

Tak tanggung-tanggung, kantor balai desa megah dan mewah itu nantinya akan memiliki 8 lantai, setinggi 35 meter. Selain itu pada bagian paling atas bangunan tersebut, akan dibangun pula gardu pandang.

Diperkirakan untuk membangun kantor balai desa megah dan mewah itu, dibutuhkan anggaran pembangunan sekitar Rp1,5 miliar. Meski begitu, sang kades menegaskan sama sekali tidak menggunakan dana desa (DD) secuil pun. 

Aksi yang dilakukan kades Desa Sembung Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang itu pun langsung viral dan mengundang decak kagum netizen. Nantinya, 8 lantai kantor balai desa megah dan mewah itu akan digunakan sebagai pusat pemerintahan dan kantor lembaga-lembaga desa.

Nantinya gedung baru itu akan berukuran 6 meter x 6 meter untuk lantai 1 hingga lantai 7, sedangkan lantai 8 berukuran 8 meter x 8 meter. Tak hanya sebagai kantor desa, bangunan juga bisa masyarakat gunakan untuk kegiatan warga.

Gedung yang nantinya juga akan dilengkapi dengan lift itu, antara lain satu lantai untuk kantor desa, dan sisanya 7 lantai untuk kegiatan warga. Antara lain LPMD, BPD, Bumdes, Karang Taruna, museum, dan perpustakaan. 

Sampai dengan saat ini, proses pembangunan balai desa itu sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp500-600 jutaan. Balai desa 8 lantai itu sendiri diperkirakan akan selesai pembangunannya pada akhir tahun 2023 mendatang dan siap digunakan untuk melayani masyarakat.

Kantor balai desa megah cikal bakal desa wisata

Sang kades sendiri menytargetkan tidak hanya membangun balai desa, tetapi juga akan berlanjut terhadap fasilitas-fasilitas warga lainnya. Misalnya miniatur Kakbah, wisata air, alun-alun, dan pusat kuliner untuk mewujudkan desanya sebagai desa wisata.

Terkait pembangunan kantor desanya itu, berawal saat sang kades menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun 2016 lalu. Saat berada di Mekkah, dia terkesima dengan bentuk Zamzam Tower, yang kemudian mennginspirasinya untuk mewujudkan bangunan serupa untuk kantor Desa Sembung. 

Melansir kanal YouTube Sanalika, diharapkan dengan pembangunan itu akan memunculkan ikon baru di Desa Sembung. Selain itu, target untuk menjadikannya sebagai desa wisata akan lebih cepat tercapai.

Sehingga diharapkan akan semakin memicu perputaran perekonomian kreatif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan warga Desa Sembung. Demikian informasi tentang proses pembangunan kantor balai desa megah di Desa Sembung Kecamatan Banyuputih kabupaten Batang.(*)

 

Sumber: