Tol Cilacap-Jogja Sepanjang 121,75 KM Akan Lalui 22 Desa di Banyumas, Cek Desa-desa yang Terdampak di Sini

Tol Cilacap-Jogja Sepanjang 121,75 KM Akan Lalui 22 Desa di Banyumas, Cek Desa-desa yang Terdampak di Sini

Rencana Jalan Tol Cilacap-Jogja--

TEGAL, radartegal.disway.id - Jalan Tol Cilacap-Jogja akan melalui 22 desa di Kabupaten Banyumas, Rencanamya tol yang merupakan terusan dari Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) itu akan dibangun sepanjan 121,75 kilometer.

Pembangunan Jalan Tol Cilacap-Jogja yang akan menerjang puluhan desa di Kabupaten Banyumas itu sendiri merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN). Selain itu, jalan bebas hambatan ini juga akan melewati beberapa wilayah kabupaten lainnya.

Wilayah kabupaten-kabupaten yang akan terdampak pembangunan Jalan Tol Cilacap-Jogja itu berada di dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Beberapa di antara dari 22 desa itu ada yang merupakan pemukiman, persawahan, maupun kebun.

Meski begitu, pemerintah juga sudah menyiapkan skema uang ganti rugi (GTR), saat melakukan proses pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Cilacap-Jogja. Besaran nilai UGR itu akan menyesuaikan berdasarkan nilai pasaran tanah yang terdampak tersebut.

Jalan tol di jalur selatan ini akan membentang sebagai lanjutan dari pembangunan Tol Getaci, yang bakal menjadi tol terpanjang di Tanah Air. Jika nantinya tol tersebut sudah terealisasi, maka seluruh wilayah Pulau Jawa dari Jakarta ke Surabaya akan tersambung baik dari jalur utara maupun selatan.

Selain akan menjadi tol lanjutan dan tersambung dengan Tol Getaci, tol ini juga akan menyambung ke Tol Jogja-Solo yang saat ini sedang dikebut pembangunannya. Bisa juga secara bersamaan tersambung dengan Tol Jogja-Semarang (Bawen) yang sudah memulai pembangunan konstruksinya.

Sekadar informasi, Tol Getaci sebagai tol terpanjang di Indonesia nantinya berawal dari Gedebage di Kota Bandung, Jawa Barat. Sehingga tol ini akan melintasi sejumlah kabupaten di bagian selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang berakhir di Cilacap.

Tol Cilacap-Jogja akan lintasi 3 kabupaten di Jateng

Rinciannya adalah Gedebage (Kota Bandung), Kabupaten Bandung, Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, dan Cilacap. Saat menyambung ke Tol Cilacap-Jogja nantinya, akan melewati wilayah Kabupaten Banyumas, Kebumen, dan Purworejo.

Setelah sampai di Kabupaten Purworejo inilah, ruas jalan tol kemudian akan terhubung dengan Tol Jogja-Solo. Dari pembangunan Tol Cilacap-Jogja, salah satu wilayah yang terdampak pembangunannya adalah 22 desa di Kabupaten Banyumas.

Di bawah ini adalah daftar 22 desa di Kabupaten Banyumas yang akan terdampak pembangunan Tol Jogja-Cilacap. Berdasarkan perencanaan, ada 22 desa di Kabupaten Banyumas yang tersebar di 3 kecamatan yakni Tambak, Kemrajen, dan Sumpiuh.

Desa terdampak pembangunan Jalan Tol Cilacap-Jogja

 

Kecamatan Tambak

Sumber: