Peringati National Caviar Day, Ini 3 Fakta Menarik Kaviar yang Jadi Makanan Termahal di Dunia

Peringati National Caviar Day, Ini 3 Fakta Menarik Kaviar yang Jadi Makanan Termahal di Dunia

Ilustrasi. 3 fakta menarik tentang kaviar-pexels/Ivan Samkov-

radartegal.disway.id – Amerika Serikat memperingati National Caviar Day setiap 18 Juli dan menyimpan sejumlah fakta menarik tentang kaviar satu ini. Kaviar memang menjadi salah satu makanan termahal di dunia karena beberapa alasan.

Fakta menarik tentang kaviar ini salah satunya memiliki harga hingga ratusan juta bahkan milyaran rupiah, lho. Tidak heran jika makanan ini hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan atau sultan di era sekarang.

Melansir dari situs National Today, ini 3 fakta menarik tentang kaviar. Selain harga yang fantastis, manfaat kaviar juga tidak kaleng-kaleng untuk kesehatan tubuh.

3 fakta menarik kaviar

1) Makanan bangsawan sejak abad ke-10 Masehi

Kaviar seringkali identik dengan makanan kelas atas yang berasal dari beberapa jenis telur ikan, seperti sturgeon, salmon, trout dan beberapa ikan jenis lainnya.

Termasuk jenis makanan kelas atas, ternyata kaviar sudah sejak lama dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu. 

Berdasarkan dari buku “Everyday Life in Byzantium”, orang-orang sekitar Eropa Timur sudah lama mengonsumsi kaviar ini, tepatnya sejak abad ke-10 Masehi.

Pada masa saat itu, kaviar umumnya berasal dari jenis ikan sturgeon yang biasa ditemukan di perairan laut hitam.

BACA JUGA:Fakta Menarik dan Sejarah Penemuan Kertas, Berperan Penting dalam Peradaban Manusia

Kaviar ini memang sejak awal ditujukan oleh kaum bangsawan maupun pejabat kelas atas. Para kaum aristokrat alias kaum sosial tertinggi di masyarakat, yang berasal dari Yunani dan Eropa timur selalu disajikan makanan yang berasal dari telur ikan sturgeon ini.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya seiring perkembangan jalur perdagangan, kaviar menjadi semakin populer dan tumbuh di berbagai penjuru Eropa. Makanan ini juga sering disantap oleh para kaum bangsawan kala itu.

Bahkan, hingga di masa modern saat ini, kaviar masih menjadi salah satu makanan premium atau kelas atas dengan harga yang terbilang fantastis di dunia.

2) Tiongkok jadi produsen terbesar kaviar di dunia

Sumber: