Keunikan Asal Usul Kali Pemali Brebes: Sebuah Sungai yang Terjalin dengan Sejarah dan Kepercayaan

Keunikan Asal Usul Kali Pemali Brebes: Sebuah Sungai yang Terjalin dengan Sejarah dan Kepercayaan

--

TEGAL,radartegal.disway.id-  Mungkin kita penasaran Kenapa bernama sungai pemali. Kali ini kita akan membahas Asal Usul Kali Pemali Brebes yang terletak di kabupaten Brebes,Jawa  Tengah.

 

Asal Usul Kali Pemali Brebes, Sungai ini memiliki sejarah yang unik untuk perlu  kita tau yang konon katanya berawal dari suatu  legenda yang melibatkan perang Ciung Wanara serta tradisi dan kepercayaan masyarakat setempat.

 

 Asal Usul Kali Pemali Brebes berawal dari adanya keberadaan Gunung Baribis yang terletak di antara wilayah Salem-Bantarkawung di Kabupaten Brebes.

 

Selain itu,Asal Usul Kali Pemali Brebes  bermula dari Gunung Baribis, sebagai sumber air utama, memberikan anak-anak sungai yang mengalir menuju utara Jawa, terutama melalui wilayah Brebes.

 

Namun, dalam tradisi lisan, Sungai Baribis mereka yakini sebagai sungai sakral yang dihuni oleh buaya.Ini menjadi dasar larangan bagi anak-anak dan cucu-cucu untuk mendekati atau bermain di sungai tersebut.

 

Keunikan Asal-usul kali Pemali Brebess

Perang Arya Bangah dan Ciung Wanara

Larangan yang berhubungan dengan Sungai Baribis ini berkaitan dengan perang Arya Bangah dan Ciung Wanara yang tercatat dalam teks Babad Tanah Jawi. Dalam legenda Asal Usul Kali Pemali Brebes tersebut, ada penjelasan menarik dalam Serat Kandha yang menyatakan bahwa pasukan dari timur yang menyeberangi sungai akan kembali mundur ke timur, demikian pula sebaliknya.

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Orang Slawi Pendiri Tehbotol Sosro, Bapak Soegiharto Sosrodjojo

Sumber: