Baru 10 Tahun! Ini 10 Kabupaten Termuda di Indonesia yang Memiliki Keindahan Alam Luar Biasa

Baru 10 Tahun! Ini 10 Kabupaten Termuda di Indonesia yang Memiliki Keindahan Alam Luar Biasa

--by telisik.id

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tercatat hingga tahun 2022 terdapat 416 kabupaten yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia. Jumlah kabupaten tersebut terus bertambah hingga saat ini. Kabupaten yang mengalami pemekaran paling terakhir dinobatkan sebagai kabupaten termuda di Indonesia. 

Kabupaten termuda di Indonesia merupakan hasil dari pemekaran dari kabupaten yang sudah ada. Pengkategorian kabupaten termuda di Indonesia ini berdasarkan tanggal pembentukannya.

Walaupun kabupaten termuda di Indonesia ini baru berusia sepuluh hingga sembilan tahun. Namun, kabupaten ini memiliki keindahan alam yang bisa menjadi tujuan wisata Anda. 

Dilansir dari kanal Youtube Mahasiswa Geografi, terdapat beberapa kabupaten termuda di Indonesia berdasarkan tanggal pembentukannya. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

10 Kabupaten Termuda di Indonesia

1. Kabupaten Muna Barat 

Kabupaten Muna Barat, Provinsi Sulawesi Tenggara dibentuk dengan undang-undang nomor 14 tahun 2014. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 23 Juli 2014 yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Muna. 

Kabupaten Muna Barat memiliki  pesona keindahan pulaunya yang berair jernih dan berpasir putih. Selain itu, di Muna Barat juga memiliki bangunan bersejarah yang banyak dikunjungi orang. 

2. Kabupaten Buton Tengah 

Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara dibentuk dengan undang-undang nomor 15 tahun 2014. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 23 Juli 2014 yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Buton.

Kabupaten Buton Tengah terkenal dengan keindahan wisata pantainya dan gua yang memiliki keindahan tersembunyi.

3. Kabupaten Buton Selatan 

Kabupaten Buton Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara dibentuk dengan undang-undang nomor 16 tahun 2014. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 23 Juli 2014 yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Buton.

Sumber: youtube.com/mahasiswa geografi