10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

10 Provinsi Terkaya di Indonesia, DKI Jakarta Menduduki Posisi Pertama

--by jakarta-tourism.go.id

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, dengan memanfaatkan kekayaan alam tersebut provinsi ini memiliki pendapatan yang tinggi dan masuk ke dalam provinsi terkaya di Indonesia

Provinsi terkaya di Indonesia ini diukur menggunakan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berdasarkan harga berlaku tahun 2022.  Bahkan, provinsi terkaya di Indonesia ini memiliki PDRB yang hampir sama dengan PDB per kapita negara-negara di dunia. 

PDRB merupakan salah satu instrumen penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah. Sehingga PDRB dapat digunakan untuk mengkategorikan provinsi terkaya di Indonesia.

Dilansir dari kanal Youtube Mahasiswa Geografi terdapat 10 provinsi terkaya di Indonesia yang diukur berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Mengejutkan! Ini 5 Kota Tertua di Indonesia, Semuanya Sudah Berusia 1.000 Tahun

10 Provinsi Terkaya di Indonesia

1. DKI Jakarta

Posisi pertama ditempati oleh Provinsi DKI Jakarta dengan PDRB perkapita sebesar 298.360.000 atau sekitar 19.890 US Dollar, hampir sama dengan PDB perkapita negara Polandia, yaitu 19.910 US Dollar.

Jakarta menjadi pusat pemerintahan negara Indonesia. Selain itu, Jakarta juga merupakan sentral kegiatan pendidikan, jasa, hiburan, dan properti. Banyaknya peluang usaha di berbagai bidang ini tidak heran Jakarta bisa memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi pertama provinsi terkaya di Indonesia.

2. Kalimantan Timur

Posisi kedua ditempati oleh Provinsi Kalimantan timur dengan PDRB perkapita sebesar 238.701.000 atau sekitar 15.910 US Dollar, mendekati PDB dari negara Panama, yaitu 17.350 US Dollar.

Kalimantan Timur yang akan menjadi Ibu Kota Nusantara pada tahun 2024 ini memiliki kekayaan sumber daya alam berupa minyak, batu bara, dan gas bumi. 

Kekayaan sumber daya alam ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakatnya sehingga Kalimantan Timur memiliki PDRB yang tinggi dan menduduki posisi kedua provinsi terkaya di Indonesia.

3. Kalimantan Utara

Sumber: youtube.com/mahasiswa geografi