Update BLT Bulan Juli 2023, Yukk Cek Disini

Update BLT Bulan Juli 2023, Yukk Cek Disini

Ilustrasi: Uang BLT-(pixabay)-

TEGAL, radartegal.disway.id - Ada kabar gembira! Bulan Juli 2023, ada tiga program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan dicairkan.

Ketiga program ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan dalam menghadapi dampak pandemi. Salah satunya adalah BLT Dana Desa, yang ditujukan kepada masyarakat desa yang sangat miskin.

Program ini diharapkan dapat mencapai 8,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga telah menyalurkan tiga program BLT lainnya, yaitu Program Indonesia Pintar (PIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Tujuan dari ketiga program ini juga sama, yaitu membantu masyarakat miskin dan rentan dalam menghadapi dampak susahnya ekonomi.

Jika kalian ingin tahu cara mendapatkan BLT Dana Desa dan ketiga program BLT lainnya, simak penjelasan berikut ini.

BACA JUGA:Faktor Penyebab Naik Turunnya Harga Emas dan Pengaruh Fluktuasi Pasar pada Investasi

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa adalah bantuan sosial yang berasal dari dana desa yang sebagiannya digunakan untuk membantu masyarakat desa yang sangat miskin.

Bantuan ini diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data kemiskinan desa.

Jumlah bantuan yang diberikan adalah Rp900 ribu per KPM per bulan selama 3 bulan. Penyaluran BLT Dana Desa dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh pemerintah desa.

Untuk mendapatkan bantuan ini, penerima harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah desa.

BACA JUGA:Daftar Nilai Tukar Mata Uang Terendah di Dunia, Indonesia Termasuk

Tiga BLT Lain yang Cair Juli 2023

Selain BLT Dana Desa, pemerintah juga telah memberikan tiga bantuan sosial lainnya, yaitu PIP, PKH, dan BPNT. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang ketiga program tersebut:

1. PIP (Program Indonesia Pintar)

merupakan bantuan sosial yang pemerintah berikan kepada siswa dari keluarga miskin atau rentan agar dapat membantu biaya pendidikan mereka.

Jumlah bantuan yang diberikan adalah Rp450 ribu per tahun untuk siswa SD/MI, Rp750 ribu per tahun untuk siswa SMP/MTs, dan Rp1 juta per tahun untuk siswa SMA/MA/SMK.

Penyaluran bantuan PIP ini dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

2. PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH merupakan bantuan sosial yang pemerintah berikan kepada keluarga miskin atau rentan dengan anggota keluarga yang sedang hamil/menyusui, memiliki anak balita, anak sekolah, penyandang disabilitas, atau lansia.

Besaran bantuan yang pemerintah berikan adalah Rp550 ribu setiap tiga bulan untuk kesehatan ibu hamil/menyusui dan balita.

Rp225 ribu per anak setiap tiga bulan untuk pendidikan anak sekolah, Rp2,4 juta per keluarga setiap tahun untuk disabilitas berat, dan Rp2,4 juta per keluarga setiap tahun untuk lansia.

Penyaluran bantuan PKH dilakukan melalui rekening bank atau lembaga keuangan yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial.

3. BPNT (Bahan Pangan Non Tunai)

BPNT merupakan bantuan sosial yang pemerintah berikan kepada keluarga miskin atau rentan untuk membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan pangan.

Jumlah bantuan yang diberikan adalah Rp200 ribu setiap bulan per Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang dapat ditukarkan dengan beras, telur, dan/atau susu di e-warung yang bekerja sama dengan Bulog.

Penyaluran bantuan BPNT ini dilakukan melalui kartu keluarga sejahtera (KKS) atau kartu sembako yang bisa digunakan di mesin EDC di e-warung.

BACA JUGA:Pinjol Tanpa KTP 2023, Berikut Kriteria dan Syarat Pengajuannya Gampang!

Cara Cek Pembagian BLT

Kalian bisa mengecek apakah kita memenuhi syarat untuk menerima BLT Dana Desa atau tiga BLT lainnya dengan mengunjungi link berikut: https://cekblt.kemensos.go.id/.

Di situs tersebut, kalian dapat memasukkan nomor NIK dan nomor KK untuk mengetahui apakah kita telah mendapatkan bantuan atau tidak.

Demikian informasi tentang BLT bulan Juli 2023. Temukan banyak informasi menarik lainnya hanya di radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: