Inilah Kota dengan Mayoritas Penduduk Beragama Buddha di Indonesia, Jakarta Urutan Pertama!

Inilah Kota dengan Mayoritas Penduduk Beragama Buddha di Indonesia, Jakarta Urutan Pertama!

Kota dengan mayoritas penduduk agama buddha-unsplash.com/abhijeet-gourav-

SLAWI, radartegal.disway.id - Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman agama dan budaya. Mayoritas penduduk Indonesia menganut agama Islam tetapi terdapat juga kota-kota di Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Buddha. 

Masyarakat Buddha di Indonesia memiliki kebebasan beribadah dan menjalankan ajaran agama mereka dengan damai. Klenteng dan vihara menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya umat Buddha. 

Keberadaan klenteng dan vihara yang indah menjadi simbol toleransi dan keragaman agama di Indonesia. Umat Buddha di Indonesia menjaga nilai-nilai persaudaraan, saling menghormati dan berkontribusi dalam membangun keharmonisan sosial. 

Pemerintah dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk menjaga kebebasan beragama dan menghormati perbedaan agama sebagai salah satu fondasi negara yang berkeadilan. Keberagaman agama di Indonesia merupakan kekayaan yang perlu dilestarikan dan diperkuat dalam membangun bangsa yang beradab dan berdikari.

Inilah kota dengan mayoritas penduduk beragama Buddha di Indonesia

  • Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, adalah salah satu kota dengan populasi Buddha yang signifikan. Kota ini memiliki berbagai klenteng dan vihara yang menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Buddha. 

Salah satu klenteng yang terkenal di Jakarta adalah Klenteng Dharma Bhakti, yang menjadi simbol keberagaman budaya di ibu kota.

  • Sumatera Utara

Sumatera Utara, provinsi yang terletak di pulau Sumatera, juga memiliki jumlah penduduk Buddha yang cukup besar. Terdapat berbagai klenteng dan vihara yang menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan keagamaan umat Buddha di daerah ini. 

Kota Medan, sebagai ibu kota Sumatera Utara, menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya Buddha di wilayah ini.

  • Kalimantan Barat

Kalimantan Barat, provinsi yang terletak di pulau Kalimantan, juga memiliki mayoritas penduduk yang beragama Buddha. Kota Singkawang, yang terkenal dengan perayaan Cap Go Meh yang meriah, merupakan pusat kegiatan keagamaan dan budaya Buddha di daerah ini.

Singkawang memiliki berbagai klenteng dan vihara yang menjadi tempat ibadah dan pusat kegiatan komunitas Buddha.

  • Riau

Riau adalah provinsi di pulau Sumatera yang juga memiliki komunitas Buddha yang cukup besar. Terdapat berbagai klenteng dan vihara yang menjadi pusat kegiatan keagamaan umat Buddha di daerah ini. 

Kota Pekanbaru, sebagai ibu kota Riau memiliki klenteng-klenteng yang indah dan menjadi tempat peribadatan umat Buddha.

  • Banten

Banten adalah provinsi di pulau Jawa yang juga memiliki komunitas Buddha yang cukup signifikan. Terdapat klenteng-klenteng dan wihara-wihara yang menjadi tempat ibadah umat Buddha di daerah ini. 

Sumber: