Hebat! Orang Keturunan Banyumas Ini Pernah Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Suriname

Hebat! Orang Keturunan Banyumas Ini Pernah Mencalonkan Diri Sebagai Presiden Suriname

Orang Keturunan Banyumas Nyalon Jadi Presiden Suriname-Pojok Terang-https://youtu.be/I6nirqxv1E4

Tegal, radartegal.disway.id - Bahas orang Banyumas nyalon presiden di Negara Suriname Amerika Selatan.

Seseorang yang pernah mencalonkan diri sebagai Presiden di Suriname Amerika Selatan adalah orang keturunan jawa yang bernama Raymond Sapoen.

Ia diketahui berdarah Banyumas Jawa Tengah, yang hal ini diakui langsung oleh Raymond. Dirinya juga diketahui pernah menjabat menjadi menteri di Suriname.

Dalam suatu percakapan ia menyebutkan bahwa dirinya memiliki catatan mengenai leluhurnya, ia beranggapan bahwa leluhurnya berasal dari Banyumas, Jawa Tengah.

BACA JUGA:Pantes Ngomongnya Medok Banget, 3 Orang Asal Jawa Ini Pernah Menjadi Pejabat Besar Di Luar Negeri!

Raymond dalam bahasa jawa bercampur bahasa inggris pernah mengatakan "saya tidak tahu persisi apakah masih ada saudara saya, dan saya juga tidak memiliki kontak saya perlu riset lagi".

Ia juga memastikan Pencalonannya untuk menuju kursi nomor satu di Suriname, negara yang berletak di belahan selatan benua Amerika yang dahulu dikenal dengan nama Guyana Belanda.

Masih menetap di Suriname, Raymond memiliki 3 anak dan berkeyakinan mencalonkan diri menjadi presiden dari parta pertaja Luhur.

Walaupun sudah lama tinggal di Suriname, ia masih tetap memakai bahasa Jawa di kehidupan sehari-hari. Baik Raymond atau keluarganya masih menggunakan bahasa Jawa untuk berkomunikasi satu sama lain. Sedangkan anak-anaknya dalam pendidikannya berbicara menggunakan bahasa Belanda, namun saat di rumah masih memakai bahasa Jawa.

Raymon sendiri menyebutkan bahwa ini adalah budaya kami, kebiasaan kami dan kami harus merangkulnya untuk menunjukan identitas kami. Ia pernah menjadi menteri perdagangan dan industri pada tahun 2012 sampai 2014, serta menjadi menteri pendidikan pada 2010 dan 2012.

Informasi mengenai asal-usul keturunan asal Banyumas, pertama kali dituturkan oleh seorang warga keturunan Belanda, yang kini menetap di Desa Karang Banjar, Purbalingga bernama Ari Gerobe.

BACA JUGA:Serupa Tapi Beda Negara Berikut 5 Kota Asing yang Mirip Dengan Kota di Indonesia

Ia menuturkan bahwa kakek buyut dari Raymond Sapoen berasal dari Desa Kanding di Banyumas Jawa Tengah, hal ini ia ketahui usai menghubungi temannya di Belanda usai melihat kata Sapoen pada Raymond Sapoen beberapa waktu lalu.

Ia juga menjelaskan bahwa temannya memiliki data mengenai jati diri Sapoen beserta fotonya. Ia pun kaget dari saat melihat data dari arsip yang dimiliki pemerintah Belanda tersebut Sapoen merupakan orang yang berasal dari Desa Kanding Banyumas Jawa Tengah. Data itu juga menunjukan bahwa Sapoen berangkat dari Batavia menuju Suriname pada tahun 1928. Pada waktu itu tempat yang di tuju adalah Pararibo.

Sumber: https://youtu.be/i6nirqxv1e4