5 Kota Terdingin di Indonesia, Tiga di Antaranya Ada di Pulau Sumatera

5 Kota Terdingin di Indonesia, Tiga di Antaranya Ada di Pulau Sumatera

-Aldi Adhena -pinterest.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Seperti yang kita ketahui, negara Indonesia merupakan negara khatulistiwa. Hal ini yang menyebabkan Indonesia memiliki cuaca yang cenderung panas.

Namun, beberapa daerah di Indonesia memiliki udara yang dingin karena berada di ketinggian dan tertutup oleh vegetasi alami. Adapun beberapa kota di Indonesia juga memiliki suhu yang teramat dingin.

BACA JUGA:5 Alasan Desa Adat Penglipuran Dinobatkan Menjadi Desa Terbersih di Dunia

5 Kota Terdingin di Indonesia 

Seperti yang dilansir dalam kanal youtube Top 5 Infonesia, berikut 5 kota terdingin di Indonesia.

1. Kota Mulia, Papua 

Kota Mulia yang terletak di Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua ini memiliki suhu dingin yang mengalahkan Gunung Dieng dan puncak Bogor. Kota ini terletak di ketinggian 2448 m di atas permukaan laut. Letak kota ini berada di antara Pegunungan Jaya Wijaya.

Suhu rata-rata kota ini saat malam mencapai 9° C, sedangkan saat siang hari mencapai 15° C. Curah hujan di kota ini hampir terjadi sepanjang tahun. Sebagian besar penduduk memilih tinggal di rumah hanoi agar tubuh dapat terasa lebih hangat. 

2. Kota Berastagi, Sumatera Utara

Berastagi merupakan kecamatan terbesar kedua di dataran tinggi Karo. Jarak Berastagi dari Kota Medan adalah sekitar 66 km. Kota ini Berada di ketinggian lebih dari 1300 m di bawah permukaan laut. Oleh karena itu kota ini menjadi kota terdingin kedua di Indonesia.

Suhu udara rata rata di kota ini sering di bawah 20° C. Cuaca dingin ini disebabkan oleh letak wilayahnya yang diapit oleh dua gunung berapi aktif. Hal inilah yang menjadikan Berastagi sebagai kota penghasil sayur dan buah terbesar di Sumatera Utara.

3. Kota Padang Panjang, Sumatera Barat

Kota Padang Panjang merupakan salah satu kota dengan wilayah terkecil yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Kota yang memiliki julukan Kota Serambi Mekah ini disebut kota dingin karena lokasinya berada di ketinggian antara 608-850 m di atas permukaan laut.

Selain itu, kota ini juga berada kawasan pegunungan berhawa sejuk. Suhu di kota ini bisa mencapai 18° C saat pagi hari. Hal ini karena tiga gunung yang mengapit kota ini, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Adapun, curah hujan yang cukup tinggi juga membuat suhu udara kota ini semakin sejuk. 

4. Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur 

Ruteng merupakan ibukota Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal sebagai salah satu kota terdingin di Indonesia, kota ini juga dikenal sebagai sebuh julukan kota 1000 biara atau 1000 gereja.

Kota yang memiliki pemandangan indah ini terletak di ketinggian 1200 meter di bawah permukaan laut. Suhu rata-rata hariannya sekitar 25° C dan pernah mencapai 10° C. Iklim yang sejuk ini adalah karena Kota Ruteng terletak di kaki Gunung Ranakah.

Selan itu, kota ini juga memiliki julukan kota hujan karena hampir setiap hari turun hujan yang membuat kota ini semakin dingin.

BACA JUGA:5 Kota Dengan Tingkat Kejahatan Tertinggi di Indonesia Menurut Data Polisi Tahun 2021, Jakarta Nomor Berapa?

5. Kota Gayo Lues, Aceh

Kota ini memang bagi sebagian orang terdengar asing karena memang kebanyakan wisatawan mengunjungi Aceh di Banda Aceh. Padahal, ada banyak sekali potensi pariwisata di Aceh yang belum terpublikasikan dengan baik. Salah satunya adalah Gayo Lues.

Kota ini berada di ketinggian 1000 m di atas permukaan laut. Selain sebagai salah satu kota terdingin di Indonesia, kota ini dijuluki negeri 1000 bukit.

Tanah Gayo Lues ini sangat subur, tanaman apa saja yang ditanam di sini pasti tumbuh subur, maka tidak heran jika kota ini memiliki ganja terbaik di dunia. Tetapi jangan iseng ataupun sengaja mencobanya, ya. Salah-salah nanti bukannya pulang ke rumah malah pulang ke penjara. 

Demikian informasi mengenai kota terdingin di Indonesia. Bagi Anda yang ingin mengunjungi kota-kota tersebut jangan lupa memakai pakaian tebal agar tidak kedinginan. ***

Sumber: https://youtube.com/@top5infonesia