5 Alasan Desa Adat Penglipuran Dinobatkan Menjadi Desa Terbersih di Dunia

5 Alasan Desa Adat Penglipuran Dinobatkan Menjadi Desa Terbersih di Dunia

--by Indonesia Travel

Namun, Anda tidak perlu khawatir merasa lelah ketika berjalan kaki, suasana di sana yang sejuk bisa menjadi obat rasa lelah Anda. Selain itu, Anda juga bisa beristirahat di rumah warga Desa Adat Penglipuran. 

4. Hutan Bambu yang Menjadi Pelindung Desa

Hutan bambu yang tumbuh mengelilingi Desa Adat Penglipuran ini selalu dijaga dan dilestarikan hingga saat ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk melestarikan warisan leluhur dan menjaga keseimbangan antara manusia dan alam. 

Selain itu, hutan bambu ini berfungsi sebagai daerah resapan air di Desa Adat Penglipuran, karena hal itulah hutan ini disebut sebagai hutan pelindung desa.

5. Warga yang Taat Aturan 

Warga Desa Adat Penglipuran masih menjunjung tinggi adat istiadat, nilai gotong royong, kekeluargaan dan kearifan lokal dengan konsep Tri Hita Karana.

Warga desa selalu bergotong royong dalam melakukan sesuatu, contohnya membersihkan desa. Hal ini yang menjadi alasan Desa Adat Penglipuran menjadi desa yang bersih.

Demikian, informasi mengenai 5 alasan Desa Adat Penglipuran dinobatkan menjadi desa terbersih di dunia. Anda dapat menerapkan 5 hal ini supaya desa Anda selalu bersih. Semoga bermanfaat.***

Sumber: youtube/ric snt