Bolehkah Tidur Malam Diganti Dengan Tidur Pagi? Lalu Apa Dampak yang Ditimbulkan?

Bolehkah Tidur Malam Diganti Dengan Tidur Pagi? Lalu Apa Dampak yang Ditimbulkan?

Bolehkah Tidur Malam Diganti Dengan Tidur Pagi Atau Siang-hellosehat.com-

Tegal, radategal.disway.id - Apakah boleh tidur malam diganti tidur pagi?, serta dampak apa yang bisa terjadi jika melakukan hal tersebut.

Seringkali seseorang kesulitan untuk tidur malam, mereka yang memiliki insomnia atau mereka yang memang memiliki aktivitas di malam hari yang membuatnya terjaga sampai larut malam. Sebagian orang mengira, jika seseorang begadang di malam hari, maka tidurnya boleh diganti di pagi atau siang hari. Menurut kamu hal ini benar atau tidak?

Dilansir dari Detik Health, sebenarnya waktu tidur malam tidak boleh diganti dengan tidur lebih lama di pagi hari atau tidur siang.

Nah oleh karena itu mari kita pahami dulu, kenapa tidur malam sangatlah penting untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:HATI-HATI! Stres Dapat Picu Penyakit Tidak Menular Bagi Pekerja, Begini Penjelasannya

Pentingnya Tidur di Malam Hari

Tidur diwaktu malam sendiri merupakan suatu regulasi yang teratur dan sulit untuk dipola dengan baik. Beberapa hormon yang ada dalam diri kita, hanya muncul di waktu tertentu serta hanya bekerja saat malam hari. Sesorang yang tidak tidur malam, akan menyebabkan hormon pertumbuhan dan hormon imunitasnya tak akan muncul, dan hormon ini juga tidak bisa digantikan saat kamu tidur pagi lebih lama atau siang hari.

Dari pembahasan diatas menyimpulkan bahwa, kedua hormon tersebut hanya muncul di waktu malam saja yang akhirnya seseorang dapat memiliki pola tidur yang baik. Sebaliknya jika orang begadang atau melakukan aktifitas sampai larut malam, dan mengganti jam tidur di siang atau pagi hari, maka sistem pertumbuhan dan imunitas tubuh akan terganggu. Tak heran jika kurang tidur, tubuh akan rentan kelelahan dan mudah sakit.

Manfaat Tidur Malam

Peran tidur malam sebagai peristirahatan tubuh setelah melakukan aktivitas dari pagi sampai sore hari, ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kualitas tidur yang buruk, justru akan menimbulkan berbagai resiko penyakit mematikan serta meningkatkan kadar stres dan depresi.

Manfaat dari tidur malam antara lain:

1. Memperbaiki metabolisme otak

2. Meningkatkan memori ingatan seseorang

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

Sumber: hellosehat.com