Hari ke-18 Kebakaran TPA Penujah, Api Tak Terlihat Namun Asap Masih Nampak

Hari ke-18 Kebakaran TPA Penujah, Api Tak Terlihat Namun Asap Masih Nampak

PENYEMPROTAN- Petugas masih melakukan penyemprotan air di TPA Penujah Kabupaten Tegal. -TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KEDUNGBANTENG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Memasuki hari ke-18 kebakaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Penujah Kabupaten Tegal, nyala api sudah tidak terlihat lagi. Namun, asap sisa kebakaran masih nampak di sejumlah titik.

Karenanya, petugas masih melakukan penyemprotan air ke titik tersebut untuk memastikan api tidak berkobar lagi.

Terkait kebakaran ini, Pemerintah Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal sempat mengevakuasi beberapa warganya, terutama anak-anak. Hal itu, mereka lakukan lantaran khawatir asap tebal akan membawa dampak kesehatan yang cukup parah.

Sejumlah warga dari desa yang terdekat juga sempat merasakan dampak dari asap pekat yang timbul dari kebakaran TPA Penujah tersebut. Mereka merasakan batuk-batuk, namun tidak sampai akut.

Dinas kesehatan juga sempat membuka layanan kesehatan untuk mengantisipasi warga yang terdampak kesehatannya. Petugas menyiapkan skenario evakuasi jika keadaan semakin memburuk.

BACA JUGA:Demi Lakukan Pemadaman Kebakaran di TPA Penujah Kabupaten Tegal, 14 Petugas Turun Tiap Hari

Kini, meski api sudah hampir padam seluruhnya,  petugas masih melakukan penyemprotan air. Sebab, masih ada beberapa titik yang mengeluarkan asap, sehingga petugas khawatir akan muncul titik api baru. 

Selain itu, asap pekat yang sebelumnya muncul dan sempat mengancam warga juga sudah tidak terlihat lagi. Hanya ada beberapa asap tipis yang keluar dari sisa-sisa kebakaran.

Relawan PMI Kabupaten Tegal Syukron mengatakan, upaya pemadaman kebakaran TPA Penujah telah memasuki hari ke-18, Senin 10 Juli 2023. Hingga siang tadi, pihaknya masih melakukan suplai air ke mobil pemadam kebakaran.

“Kita masih melakukan suplai air untuk mobil pemadam kebakaran guna pemadaman kebakaran di TPA Penujah Kecamatan Kedungbanteng,”katanya.

Menurut Syukron, hingga hari ke-18 ini sudah tidak terlihat lagi nyala api. Namun, hanya beberapa titik yang masih mengeluarkan asap. Karenanya petugas masih memastikan api tidak lagi menyala.

“Di hari ke-18 ini, masih terpantau tinggal beberapa titik asap di lokasi kebakaran TPA,”tandasnya.

BACA JUGA:Hari ke-14 Kebakaran TPA Penujah Kabupaten Tegal, Titik Api Masih Menyala di Beberapa Lokasi

Proses pemadaman sendiri telah berlangsung beberapa saat sejak TPA Penujah terbakar pada Sabtu, 24 Juni 2023 lalu. Setiap harinya, ada belasan petugas gabungan yang bergantian melakukan pemadaman.

Sumber: