Demi Lakukan Pemadaman Kebakaran di TPA Penujah Kabupaten Tegal, 14 Petugas Turun Tiap Hari

Demi Lakukan Pemadaman Kebakaran di TPA Penujah Kabupaten Tegal, 14 Petugas Turun Tiap Hari

PEMADAMAN- Petugas masih melakukan pemadaman akibat TPA Penujah terbakar.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KEDUNGBANTENG, RADARTEGAL.DISWAY.ID- Demi melakukan pemadaman kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Penujah Kecamatan Kedungbanteng, 14 petugas turun ke lapangan setiap hari.

Hal ini seperti ditegaskan Bupati Tegal Umi Azizah yang mengungkapkan jika pihaknya telah menerjunkan 14 orang setiap harinya untuk melakukan upaya pemadaman. 

"Mereka yang terlibat dalam upaya pemadaman itu bukan saja dari Kabupaten Tegal, melainkan juga dari Kota Tegal dan Kabupaten Brebes," ucapnya saat memberikan keterangan kepada media.

Dinas Kesehatan melalui puskesmas terdekat juga membuka posko layanan kesehatan bagi warga yang terdampak. Memang ada sebagian warga yang mengeluhkan kesehatannya akibat terdampak peristiwa TPA Penujah terbakar itu.

Saat ini, Sabtu, 8 Juli 2023, TPA Penujah sudah mengalami kebakaran selama 16 hari. Di hari ke-16 ini, petugas masih melakukan upaya pemadaman.

Pasalnya, masih ada beberapa titik yang mengeluarkan asap, sehingga petugas memastikan api sudah benar-benar padam. Sementara asap tebal yang sempat timbul akibat TPA Penujah terbakar sudah sangat berkurang.

BACA JUGA:Hari ke-14 Kebakaran TPA Penujah Kabupaten Tegal, Titik Api Masih Menyala di Beberapa Lokasi

Relawan PMI Kabupaten Tegal Syukron mengatakan hingga Sabtu, 8 Juli 2023 pihaknya masih melakukan suplai air ke mobil pemadam kebakaran. Itu, untuk membantu upaya pemadaman di lokasi kebakaran.

“Relawan PMI Kabupaten Tegal melakukan suplai air ke mobil damkar dan giat pemadaman api, di TPAS Penujah Kecamatan Kedungbanteng,”katanya.

Menurut Syukron, di hari ke-16, masih terpantau beberapa titik yang mengeluarkan asap. Sementara asap tebal yang sempat melanda kini sudah berkurang.

“Di hari ke-16 masih terpantau tinggal beberapa titik. Serta asap pembakaran mulai berkurang,”ujarnya.

Kebakaran yang menimpa TPA Penujah memang telah membuat repot sejumlah pihak. Sebab, sejak terjadi pada Sabtu, 24 Juni 2023 lalu menyebabkan berbagai dampak, utamanya bagi masyarakat sekitar.

Asap tebal yang timbul akibat TPA Penujah terbakar sempat memasuki permukiman warga. Serta membuat sebagian warga merasakan dampak kesehatan.

BACA JUGA:Kebakaran TPA Penujah Sudah 11 Hari, Asap Sempat Masuk ke Pemukiman Warga

Sumber: