Hari ke-14 Kebakaran TPA Penujah Kabupaten Tegal, Titik Api Masih Menyala di Beberapa Lokasi

Hari ke-14 Kebakaran TPA Penujah Kabupaten Tegal, Titik Api Masih Menyala di Beberapa Lokasi

PEMADAMAN- Petugas masih melakukan upaya pemadaman titik api di lokasi kebakaran TPA Penujah.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

KEDUNGBANTENG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Kebakaran Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA) Penujah yang terjadi sejak Sabtu, 24 Juni 2023 masih terjadi hingga sekarang. Terhitung, kebakaran tersebut telah memasuki hari ke-14. Meski tidak banyak, sejumlah titik api masih terlihat di beberapa lokasi.

Relawan PMI Kabupaten Tegal Syukron mengatakan hingga Kamis, 6 Juli 2023, pihaknya masih melakukan suplai air ke mobil pemadam kebakaran. Dalam kegiatan pemadaman api di TPA Penujah Kecamatan Kedungbanteng.

“Relawan PMI Kabupaten Tegal melakukan suplai air ke mobil damkar dan giat pemadaman api, di TPAS Penujah Kecamatan Kedungbanteng,”katanya.

Menurut Syukron, di hari ke-14 masih terpantau beberapa titik api yang menyala. Serta asap pembakaran mulai berkurang dari hari-hari sebelumnya.

“Tinggal beberapa titik api yang masih menyala dan asap pembakaran sudah mulai berkurang,”tandasnya.

BACA JUGA:Kebakaran TPA Penujah Sudah 11 Hari, Asap Sempat Masuk ke Pemukiman Warga

Petugas gabungan masih melakukan penyemprotan air untuk memadamkan titik api yang masih menyala di lokasi kebakaran TPA Penujah. Sementara asap tebal yang timbul akibat kebakaran sejak Sabtu 24 Juni 2023 itu berlangsung sudah berkurang.

Namun warga masih mengeluhkan adanya asap akibat adanya titik api yang masih menyala lantaran menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu, mereka juga mengeluhkan asap yang membuat nafas mereka sesak.

Diketahui, kebakaran TPA Penujah terjadi sejak Sabtu, 24 Juni 2023 lalu. Kebakaran, membuat petugas gabungan dari tiga wilayah yakni Kota dan Kabupaten Tegal serta Brebes harus berupaya keras untuk bisa memadamkannya.

Asap pekat dampak dari kebakaran juga sempat memasuki permukiman warga di Desa Terdekat dari lokasi. Bahkan, ada warga yang merasakan dampak asap tersebut terhadap kesehatannya. 

Mengenai hal ini, Bupati Tegal Umi Azizah saat menjawab pertanyaan sejumlah awak media mengatakan untuk memadamkan kebakaran TPA Penujah, setiap harinya ada 14 relawan yang terjun. Mereka bukan saja dari Kabupaten Tegal saja, melainkan juga dari Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Setiap harinya kami mengerahkan truk damkar petugas yang bergantian setiap harinya. Tiap shift ada 14 petugas yang kami terjunkan,”kata Umi.

BACA JUGA:Api di TPA Penujah Kabupaten Tegal Tidak Kunjung Padam, Sejumlah Warga Diungsikan

Upaya pemadaman kebakaran TPA Penujah, ujar Umi, juga terbantu dengan adanya hujan deras yang turun di wilayah Dermasuci Kecamatan Pangkah. Itu, terjadi pada Minggu, 2 Juli 2023.

Sumber: