Apa yang Dimaksud Dengan MPLS, Apa Tujuan dan Ruang Lingkup Dari Kegiatan Tersebut

Apa yang Dimaksud Dengan MPLS, Apa Tujuan dan Ruang Lingkup Dari Kegiatan Tersebut

MPlS, Membahas Tujuan dan Ruang Lingkupnya-kompas.com-

Tegal, radartegal.disway.id - Membahas Apa yang dimaksud dengan MPLS serta mengidentifikasi tujuan dan ruang lingkupnya.

MPLS merupakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, yang biasa diikuti oleh peserta didik baru sebelum memulai masa pembelajaran. Kegiatan ini wajib untuk diikuti peserta didik baru agar lebih mengenal lingkungan sekolah yang akan mereka pakai untuk belajar.

Apa Itu MPLS

Mengutip dari Kemendikbud, MPLS merupakan kegiatan yang berkaitan dengan pengenalan sarana dan prasarana sekolah, dan program sekolah, konsep pengenalan diri, pembinaan awal budaya sekolah, dan pengenalan cara belajar. MPLS sendiri ditargetkan kepada siswa yang baru saja memasuki SMP, SMA/SMK/sederajat.

Sebelumnya MPLS dikenal dengan sebutan MOS atau Masa Orientasi Sekolah. yang kemudian diubah menajadi MPLS sejak dituangkan kedalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Didalam kegiatan MPLS kita akan berkenalan dengan beragam fasilitas yang terdapat di sekolahan, kita juga dapat berkenalan dengan guru, kakak kelas, ataupun tenaga kependidikan lainnya yang terdapat di sekolah. Tak lupa rutinitas sekolah dan norma sekolah juga diperkenalkan kepada siswa baru agar para siswa baru mengenali tata tertib yang ada di sekolah.

BACA JUGA:Kereen! Mahasiswa IBN Tegal Dikirim ke Batam untuk Program PPL

Tujuan MPLS

MPLS sendiri memiliki tujuan untuk, mengenalkan potensi peserta didik baru dengan mengisi formulir serta profil peserta didik yang didalamnya berisi identitas, riwayat kesehatan, potensi atau bakat, sifat atau perilaku serta profil orang tua atau wali peserta didik.

Adapun tujuan lain dari pelaksanaan MPLS yakni menumbuhkan motivasi, semangat, serta cara belajar yang efektif guna masa depan peserta didik. Selain itu kegiatan ini juga menumbuhkan rasa jujur, perilaku positiv, mandiri, menghargai, menghormati keaneka ragaman serat persatuan.

Tujuan-tujuan diatas merupakan langkah pengenalan peserta didik baru mengadapi materi serta lingkungan sekolah. Adapun kegiatan lain seperti OSIS, kegiatan Pramuka, serta kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti peserta didik.

Ruang Lingkup MPLS

Biasanya setiap sekolah mempunyai materi yang sedikit berbeda menyesuaikan dengang kebutuhan mereka. Materi yang akan disampaikan pada kegiatan MPLS berupa:

1. Wawasan Wiyata Mandala

Sumber: kompas.com