Kabupaten Tegal Butuh Sirkuit Road Race, Rudi Indrayani: Mengurangi Balap Liar di Jalan Raya

Kabupaten Tegal Butuh Sirkuit Road Race, Rudi Indrayani: Mengurangi Balap Liar di Jalan Raya

ROAD RACE - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rudi Indrayani saat menghadiri Kejuaraan Road Race Presisi 2023 di Sirkuit NP Alun-alun Slawi pada 25 Juni 2023 lalu.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Penggemar balap motor atau road race di Kabupaten Tegal sepertinya cukup banyak. Hal itu terlihat saat Kapolres Tegal menggelar Championship road race Presisi 2023 di Sirkuit NP Alun-alun Slawi pada 24-25 Juni 2023 lalu.

Mengingat hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rudi Indrayani mengatakan sudah saatnya sirkuit road race dibangun di wilayah Kabupaten Tegal.

Dengan adanya sirkuit yang difasilitasi oleh Pemkab Tegal, tentu para pecinta balap motor akan semakin mudah berekspresi. Mereka bisa mengembangkan bakatnya.

Selama ini, para pembalap sepertinya terkendala dengan tidak adanya fasilitas sirkuit. Sehingga mereka kerap melakukan balap liar di jalan umum.

Padahal, itu sangat membahayakan bagi para pengendara dan pembalapnya sendiri.

"Kabupaten Tegal memang sudah saatnya membangun sirkuit balap motor. Tujuannya untuk mengembangkan para pemuda yang hobi balap motor," kata Rudi Indrayani, politikus Partai Gerindra, Jumat, 7 Juli 2023.

BACA JUGA:Alami Crash saat Balap Road Race di Kabupaten Tegal, Ada Pembalap yang Tabrak Pembatas Jalan

Dia menyatakan, jika Pemkab Tegal hendak membangun sirkuit, sebaiknya dipusatkan di kawasan Obyek Wisata Waduk Cacaban Kedungbanteng. 

Menurutnya, kawasan itu sangat cocok untuk sirkuit motor balap. Diharapkan, Pemkab Tegal dapat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan sirkuit di kawasan tersebut.

"Untuk mengurangi balap liar di jalan raya, Pemkab Tegal harus membuat sirkuit. Sehingga para pecinta motor balap dapat terarah dan tentunya juga bisa menciptakan bibit-bibit pembalap di Kabupaten Tegal," ujarnya.

Dia menyebut, ada beberapa daerah tetangga yang sudah memiliki sirkuit balap motor. Dengan adanya sirkuit itu, tentunya tidak hanya melahirkan bibit-bibit pembalap, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan perekonomian masyarakat Kabupaten Tegal.

"Kalau menurut saya, lokasi sirkuit yang cocok di Kabupaten Tegal cuma di Cacaban. Selain dekat dengan Kota Slawi atau exit tol, kita juga bisa mengenalkan Obyek Wisata Cacaban kepada para pengunjung," ujarnya.

Dia mengakui, Pemkab Tegal memang pernah membangun sirkuit di kawasan Obyek Wisata Waduk Cacaban beberapa tahun silam. Namun, sirkuit itu tidak bisa digunakan karena sepertinya bermasalah.

BACA JUGA:Aksi Freestyle Buka Gelaran Road Race Kapolres Tegal Cup 2023

Sumber: