Satpam Diminta Jauhi Sikap Arogansi, AKBP Anita: Jaga Penampilan, Percaya Diri

Satpam Diminta Jauhi Sikap Arogansi, AKBP Anita: Jaga Penampilan, Percaya Diri

PENUTUPAN- Kasubdit Binsatpam/Polsus AKBP Anita Indah saat menutup kegiatan diklat Satpam. -Istimewa-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID- Diminta untuk menjauhi sikap arogansi saat menjalankan tugas, satpam juga diminta menjaga penampilan dan percaya diri. Hal ini seperti dikatakan Kasubdit Binsatpam/Polsus AKBP Anita Indah saat mewakili mewakili Dirbinmas Polda Jateng ketika menutup Diklat Satpam Gada Pratama. 

Kegiatan berlangsung pada Kamis, 6 Juli 2023 kemarin. Dalam bekerja, satpam perlu menjauhi sikap arogan. 

Serta tidak meninggalkan senyum, sapa dan salam (3 S) dalam bekerja di instansinya masing-masing. Kata AKBP Anita, satpam juga wajib paham tentang kompetensi dasar. Sehingga dapat menerapkan dalam pelaksanan tugasnya.

“Jaga penampilan, percaya diri dan jangan lupa harus ada persiapan atau perencanaan dalam setiap tugas. Karena ketika perencanaannya bagus, Insya Allah hasilnya tidak akan jauh dan tidak mengecewakan,”tandasnya.

AKBP Anita Indah mengatakan setiap anggota Satpam wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar kualifikasi Gada Pratama. Sebab, pelatihan itu merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan bagi setiap anggota.

“Tujuan pelatihan ini, pada dasarnya agar para anggota Satpam memiliki ketrampilan dan cara bertindak yang baik bagi perorangan maupun kelompok,”ujarnya.

BACA JUGA:HUT Ke 42, Satpam Diminta Profesional Emban Fungsi Kepolisian Terbatas

Selanjutnya, AKBP Anita mengingatkan, Satpam merupakan kepanjangan tugas dan pengemban fungsi kepolisian terbatas. Karenanya, mereka mempunyai tugas mulia, yakni turut menjaga dan menjamin keamanan pada lingkungan kerjanya.

“Karenanya, apa yang telah Anda peroleh selama pendidikan, harus terus Anda ingat sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas agar tidak salah langkah dalam bertindak,”tandasnya.

AKBP Anita meminta kepada peserta untuk menjaga sikap dan attitude, dalam melayani. Baik sesama rekan maupun kepada masyarakat.

“Senyum, sapa dan salam jangan pernah ketinggalan, ketika menegur, gunakan bahasa atau kalimat yang baik dan tidak menyakiti. Sesuai etika yang berlaku pada lingkungan kerjanya,”pesannya.

AKBP Anita juga mengingatkan agar Satpam memahami gerakan pengaturan lalulintas, cara penjagaan, pengawalan, patroli maupun pengamanan TKP. Dia berharap agar lulusan pendidikan Gada Pratama angkatan ke-2 tahun 2023, dapat menerapkan ilmunya setelah usai mengikuti pendidikan.

“Tugas saudara adalah menjaga kamtibmas pada lingkungan perusahaan atau instansi. Jauhi sifat arogansi dalam setiap pelaksanaan tugas,”pungkasnya. ***

Sumber: