Hari Raya Idul Adha Berbeda, Wali Kota Tegal: Jangan Sampai Menjadi Alat Perpecahan

Hari Raya Idul Adha Berbeda, Wali Kota Tegal: Jangan Sampai Menjadi Alat Perpecahan

HEWAN KURBAN - Wali Kota Tegal menyerahkan hewan kurban berupa sapi kepada pengurus Masjid At Tumairy.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tahun 2023 ini berbeda. Muhammadiyah sudah melaksanakannya, Rabu, 28 Juni 2023. Sementara NU dan pemerintah hari ini, Kamis, 29 Juni 2023.

Terkait hal ini, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutan yang Pj. Sekda bacakan di Masjid Agung, menyampaikan meski Hari Raya Idul Adha berbeda versi pemerintah dan Muhammadiyah. Namun, pelaksanaannya tidak menjadi alat perpecahan umat muslim di Indonesia.

“Perbedaan atau furuiyah ini jangan sampai menjadi alat perpecahan. Tetapi jadikanlah perbedaan ini letak keindahan Islam,”katanya.

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha, merupakan hari besar kemanusiaan dan keimanan. Itu, ditandai dengan syi’ar penyembelihan hewan kurban.

“Hal itu untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim setelah beliau menerima wahyu Illahi, yang memerintahkan beliau menyembelih putranya, Ismail AS,”ujarnya.

Agus mengatakan, sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukar dan berat pelaksanaannya, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan.

“Spirit pengorbanan dengan bobot sekaliber Nabi Ibrahim saat menyembelih sang anak, Ismail adalah langka dalam konteks kekinian. Iia menjadi kemustahilan bahkan keajaiban,”papar Agus.

BACA JUGA:Luar Biasa! Sultan di Kabupaten Tegal Berkurban Sapi Seberat 1,4 Ton, Terbesar di Indonesia

Sebagai warga Kota Tegal yang memiliki indeks toleransi yang tinggi di Jawa Tengah, terus teruji dengan perbedaan yang ada. Untuk kemudian saling menghormati, saling bergotong royong.

“Terus berupaya membangun guna mencapai kemajuan daerah. Serta meningkatakan derajat kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Tegal,”jelasnya.

Terkait pemberian hewan kurban itu, Kabag Kesos Zaenal Asikin mengungkapkan, pada Idul Adha tahun ini Pemerintah Kota Tegal memberikan dua ekor sapi. Satu untuk masjid Ats Tsumery, 1 lagi untuk Masjid Agung.

“Semuanya dari anggaran APBD Kota Tegal melalui Wali Kota Tegal dan Pj. sekda,” ujar Zaenal. 

Usai menjalankan salat Idul Adha, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menyerahkan hewan kurban berupa sapi. Hewan kurban dari Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal itu langsung dia sampaikan kepada perwakilan pengurus Masjid Ats Taumery, Kamis 29 Juni 2023.

BACA JUGA:Hati-hati! Petugas Dinas Peternakan Masih Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Sumber: