Hati-hati! Petugas Dinas Peternakan Masih Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

Hati-hati! Petugas Dinas Peternakan Masih Temukan Cacing Hati di Hewan Kurban

PERIKSA DAGING- Petugas dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Batang memeriksa daging hewan kurban. -RADAR PEKALONGAN-

BATANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Hari Raya Idul Adha telah tiba, Kamis, 29 Juni 2023. Sejumlah hewan kurban sudah mulai dipotong dan dibagikan.

Selain mengolahnya dengan baik, masyarakat tetap harus mewaspadai adanya cacing hati pada hewan kurban. Pasalnya, petugas masih menemukannya saat pemeriksaan di lapangan. 

Sub Koordinator Keswan dan Kesmavet, Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang drh Ambar Puspitaningsih mengatakan, pada hari ini pihaknya menemukan lima cacing hati di hewan kurban di Kecamatan Batang. 

Pada panitia kurban, pihaknya menyarankan agar hati hewan yang rusak tersebut untuk dibuang atau dimusnahkan. Sedangkan sisa yang masih bagus harus direbus terlebih dahulu sampai benar-benar matang  sebelum dibagikan pada yang berhak.

"Untuk hati yang masih bagus, masih bisa dimakan. Namun harus direbus dalam air mendidih selama 10 menit, sehingga bakterinya benar-benar mati," tandas Ambar Puspitaningsih. 

Petugas dari Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (Dislutkanak) Kabupaten Batang, menemukan adanya cacing hati pada hewan kurban yang telah dipotong.

BACA JUGA:Luar Biasa! Sultan di Kabupaten Tegal Berkurban Sapi Seberat 1,4 Ton, Terbesar di Indonesia

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dislutkanak Batang Syam Manohara mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan intensif terhadap daging hewan kurban Rabu dan Kamis 29 Juni 2023, ditemukan adanya cacing hati pada sapi yang disembelih.

"Setelah diperiksa dan ditemukan adanya cacing hati, maka petugas menyarankan, agar hati tersebut tidak dikonsumsi. Hal itu bertujuan menjaga kesehatan warga itu sendiri," ujar Syam Manohara di sela-sela memantau proses penyembelihan di Rumah Potong Hewan (RPH) Sambong, Kamis 29 Juni 2023.

Syam menjelaskan, pihaknya menerjunkan tim untuk melakukan pemeriksaan terhadap proses penyembelihan hingga kualitas daging kurban sendiri bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada penerima hewan.

"Pemeriksaan ini juga untuk antisipasi apabila ditemukannya cacing hati yang seringkali muncul pada sapi maupun kambing," katanya.

Pada hari ini, pihaknya juga menerjunkan seluruh petugas di tingkat kecamatan untuk memantau proses pemotongan dan kualitas daging hewan kurban. 

"Setelah hewan dipotong, petugas akan langsung memeriksa. Jika memang nantinya ditemukan cacing hati, maka lebih baik hati hewan tersebut jangan dikonsumsi," lanjutnya. ***

Sumber: