Waspada Demam Tinggi Bisa Jadi Gejala Tipes Berikut Cara Penanganan dan Pencegahannya

Waspada Demam Tinggi Bisa Jadi Gejala Tipes Berikut Cara Penanganan dan Pencegahannya

Gejala Tipes dan Cara Penanganannya-www.halodoc.com-

Tegal, radartegal.disway.id - Bahas Gejala Tipes beserta cara penanganannya.

Demam tinggi gejala tipestipes adalah penyakit yang terjadi karena infeksi dari bakteri Salmonella typhi yang menyebar lewat makan dan minuman yang sudah terkontaminasi bakteri tersebut. 

Penyakit tipes biasanya banyak dialami di negara-negara yang statusnya masih negara berkembang, penyakit ini juga lebih sering menyerang anak-anaka. Tipes atau tifus dapat membahayakan nyawa seseorang, jika tidak mendapatkan penanganan yang baik oleh dokter.

Apa Penyebab Tipes

Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri Salmonella thypi. Jenis bakteri ini juga berhubungan langsung dengan Salmonellosis, yang menyebabkan infeksi pada sistem pencernaan yang lebih parah dibandingkan dengan tipes. Salmonella thypi dapat menyebar melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Paparan bakteri ini terjadi ketika seseorang tidak menjaga kebersihan tangan dengan baik atau mengonsumsi makanan yang dicuci menggunakan air yang tercemar bakteri Salmonella thypi. Hal yang sama berlaku untuk minuman. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengonsumsi minuman yang matang dengan baik.

Lantas Bagaimana Mengenali Gejala Tipes

Gejala tipes biasanya muncul dalam rentang waktu 1 hingga 3 minggu setelah terinfeksi, ditandai dengan demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, dan sakit perut. Jika tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat memburuk dalam beberapa minggu.

Dalam kasus yang tidak ditangani dengan tepat, tipes dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pendarahan internal atau pecahnya sistem pencernaan (usus). Jika tidak segera ditangani, risiko komplikasi ini dapat membahayakan nyawa.

Estimasi menunjukkan bahwa satu dari lima orang yang menderita tipes tanpa pengobatan yang tepat akan meninggal. Mereka yang selamat juga berisiko mengalami komplikasi sebagai akibat dari infeksi tersebut. Pengobatan tipes umumnya melibatkan pemberian antibiotik.

BACA JUGA:Ini Pertolongan Pertama Yang Harus Kamu Lakukan Saat Keracunan Makanan

Keputusan untuk menjalani pengobatan di rumah atau di rumah sakit tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Jika tipes didiagnosis pada tahap awal, perawatan di rumah dengan pemberian antibiotik selama 1-2 minggu mungkin cukup. Namun, jika tipes terdiagnosis terlambat atau sudah mencapai tahap lanjut, perawatan di rumah sakit akan diperlukan.

Pemeriksaan Tipes

Melakukan analisis pada sampel darah, tinka, atau urine sesorang yang sudah muncul gejala tipes, merupakan langkah utama dalam melakukan Pemeriksaan tipes. Adapula pemeriksaan lain yang bisa dilakukan selain pemeriksaan diatas, yakni dengan melakukan pemeriksaan aspirasi sumsum tulang, namun pemeriksaan kedua ini jarang sekali dilakukan.

Sumber: