Inilah Cara Menghilangkan Rasa Pahit dalam Pare, Harus Coba!

Inilah Cara Menghilangkan Rasa Pahit dalam Pare, Harus Coba!

Cara menghilangkan rasa pahit dalam pare-unsplash.com/lothar-bodingbau-

SLAWI, radartegal.disway.id - Rasa pahit pada pare terjadi karena kandungan cucurbitacin. Cucurbitacin adalah senyawa alami yang menyebabkan rasa pahit. 

Pare yang belum matang sepenuhnya atau varietas yang lebih tua memiliki rasa pahit yang lebih kuat. Rasa pahit tersebut bisa menimbulkan tantangan dalam mengonsumsi pare. 

Namun, pare kaya akan nutrisi penting seperti vitamin dan serat. Untuk mengurangi rasa pahit, pare dapat direndam dalam air garam atau dikombinasikan dengan bahan-bahan manis.

Cara menghilangkan rasa pahit dalam pare

Ada beberapa cara menghilangka rasa pahit dalam pare diantaranya:

  • Rendam pare dalam air garam 

Rendam irisan pare dalam air garam selama beberapa menit sebelum dimasak. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa pahitnya.

  • Rebus pare dalam air garam 

Sebelum menggoreng atau memasak pare, rebus irisan pare dalam air garam selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan proses memasaknya seperti biasa. Metode ini juga membantu mengurangi rasa pahit pada pare.

  • Gunakan bahan tambahan 

Tambahkan bahan-bahan seperti gula, madu, atau kecap manis saat memasak pare. Bahan-bahan ini dapat memberikan sentuhan manis yang dapat mengurangi rasa pahitnya.

  • Rendam pare dalam air jeruk nipis 

Sebelum memasak pare, rendam irisan pare dalam air jeruk nipis selama beberapa menit. Kemudian, bilas dengan air bersih sebelum dimasak. Proses ini dapat membantu mengurangi rasa pahit pada pare.

  • Iris pare dengan tipis 

Ketebalan irisan pare juga dapat memengaruhi tingkat kepahitan. Iris pare dengan tipis agar rasa pahitnya tidak terlalu dominan saat dimasak.

  • Gunakan metode memasak yang tepat 

Pilihan metode memasak juga dapat membantu mengurangi rasa pahit pada pare. Anda dapat menggoreng pare dengan bumbu atau memasaknya dengan cara direbus atau dikukus.

  • Campurkan dengan bahan lain 

Mengombinasikan pare dengan bahan-bahan lain yang memiliki rasa yang lebih kuat, seperti bawang putih, cabai atau rempah-rempah dapat membantu mengurangi rasa pahitnya.

  • Kupas kulit luarnya 

Jika rasa pahit pare terlalu kuat, Anda dapat mencoba untuk mengupas kulit luarnya sebelum mengolahnya. Kulit luar pare yang lebih tebal memiliki kandungan pahit yang lebih tinggi.

Dengan mencoba beberapa cara di atas, diharapkan Anda dapat mengurangi rasa pahit pada pare dan menikmati manfaat kesehatan dari sayuran ini. Penting untuk dicatat bahwa beberapa orang mungkin lebih sensitif terhadap rasa pahit pare daripada yang lain. 

Sumber: