Ganjar Minta Setiap Sektor Pelayanan Publik di Jateng Amalkan Pancasila
Ganjar Minta Setiap Sektor Pelayanan Publik di Jateng Amalkan Pancasila.--
SEMARANG, RADARTEGAL.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Pancasila bisa diimplementasikan dalam pelayanan publik. Contohnya, memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan.
Hal itu disampaikan Ganjar usai menghadiri peluncuran Unit Pelayanan Publik Pancasilais, di Lantai V Gedung B kantor Pemprov Jateng, Senin 19 Juni 2023. Acara tersebut diikuti Ombudsman RI, Pattiro Semarang hingga Kadin Jawa Tengah.
“Kalau mau bicara nilai-nilai pancasila dalam konteks layanan publik, saya minta agar semua pengamalannya pada sektornya,” kata Ganjar di lokasi.
Dalam konteks layanan publik, kata Ganjar, pemerintah mesti bekerja dengan cara-cara humanis. Ganjar menekankan cara kerja tersebut mesti dilakukan secara konkret kepada seluruh masyarakat.
BACA JUGA:Beri Kemudahan Bayar Pajak, Ganjar Luncurkan Samsat Budiman Gandeng BUMDes
“Humanis itu tidak bentak-bentak dan sebagainya. Kita betul-betul concern bahwa regulasinya seperti apa dan pelaksanaannya harus sesuai,” tutur Ganjar.
Lebih jauh, Ganjar mengatakan seluruh dinas harus memperhatikan segala kondisi masyarakat yang membutuhkan layanan. Misalnya, penyandang disabilitas, ibu hamil, dan sebagainya.
Di samping itu, Ganjar menekankan layanan publik yang pancasilais diterapkan dengan komitmen mudah, murah, cepat. Kemudian, kata Ganjar, layanan masyarakat mutlak harus berintegritas.
“Ini mesti ditunjukkan dalam bentuk layanan yang konkret. Biasanya izin-izin usaha. Maka di dinas, DPMPTSP umpama, tidak boleh lama, tidak boleh berbelit, tidak boleh ada pungli (pungutan liar), (pancasilais) diwujudkan. Ini yang paling konkret,” kata Ganjar.
BACA JUGA:Pedagang Senang Ganjar Revitalisasi Pasar Bawang Sengon Brebes: Kini Lebih Bersih dan Nyaman
Lewat pelayanan publik yang pancasilais, Ganjar meminta agar perwujudan reformasi birokrasi betul-betul dilaksanakan. Ganjar berharap, seluruh masyarakat Jateng mendapatkan layanan terbaik dari dinas Provinsi Jateng.
“Ketika itu birokrasi terlalu rumit, mudahkan. Dan itu bisa dengan dua cara, sistemnya diubah, pakai alat, yang kedua regulasinya diubah, sehingga semua kemudahan akan bisa diberikan,” pungkasnya.
Sebelumnya, komitmen Ganjar menerapkan layanan publik terbaik berbuah manis. Tiga dinas di lingkup Pemprov Jateng dinobatkan sebagai unit pelayanan publik yang memperoleh predikat prima dari KemenPAN-RB, di antaranya RSUD Tugurejo, DPMPTSP, dan Bappenda UUPD Kabupaten Semarang. *
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: