Pedagang Senang Ganjar Revitalisasi Pasar Bawang Sengon Brebes: Kini Lebih Bersih dan Nyaman

Pedagang Senang Ganjar Revitalisasi Pasar Bawang Sengon Brebes: Kini Lebih Bersih dan Nyaman

Pedagang Senang Ganjar Revitalisasi Pasar Bawang Sengon Brebes.--

BREBES, RADARTEGAL.COM - Pasar bawang di Kecamatan Tanjung, Kabupaten BREBES kini berubah menjadi pasar yang bersih, representatif, dan lebih nyaman bagi pedagang bawang merah. Itu setelah Gedung Pasar Bawang Sengon di revitalisasi Ganjar.

"Pasarnya sekarang lebih bagus. Lebih nyaman," kata Castiwen, seorang pedagang di Pasar Bawang Sengon Brebes. 

Dia mengatakan, sebelum direvitalisasi Pemprov Jateng, kondisi bangunan pasar sangat sempit. Mau tidak mau, setiap hari para pedagang bawang merah harus berangkat pagi dan berebut lapak agar bisa berjualan dengan leluasa.

 "Harus dingin-dinginan (dulu-duluan). Kalau dulu ya rebutan (rebutan lapak). Ya itu, berangkat jam 3 petang, jam 4 petang," kenangnya.

BACA JUGA:Dugaan Praktik Percaloan di MPP Brebes Mencuat, Anggota DPRD: Saya Yakin Dia Kerja Sama

Senada dikatakan seorang pedagang bawang Pasar Sengon lainnya Tarmila. Dia menuturkan, setelah direvitalisasi kondisi bangunan pasar jauh lebih bagus. Bahkan, ukurannya lebih lebar dibanding bangunan pasar lama.

"Ukuran pasar lebih luas. Lebih senang sekarang. Sekarang besar, lebar, adem, tambah lega. Nyaman sekarang daripada kemarin (pasar lama),” kata Tarmila. 

Bahkan, menurut pedagang bawang lainnya, Nana Yuliana, kondisi pasar sekarang jauh lebih tertib, enak, tidak becek. Sehingga nyaman, dan enak buat jualan. 

"Pembeli senang yang sekarang," ucapnya.

Saat masih berjualan di bangunan pasar yang lama, dia mengaku kerap terjatuh akibat berdesakan dengan pedagang lain. Maklum, pada saat itu luas bangunan pasar tidak seluas setelah dilakukan revitalisasi.

BACA JUGA:Tak Hanya Pengendara Motor, di Brebes Tukang Becak Juga Diajari Safety Riding dan Safety Driving

Tak jauh beda juga disampaikan pedagang bawang bernama Tumini. Ia tidak merasa khawatir lagi ketika hujan turun, setelah bangunan pasar direvitalisasi. Selain itu, dia juga merasa lebih tenang saat meninggalkan barang dagangannya ke pasar. 

"Dulu kalau kena hujan, kehujanan. Pada bocor. Sekarang enggak. Nyaman sekarang. Harapannya, inginnya baik saja. Tidak ada halangan, keributan. Dulu pernah ada pencurian, di pasar ini. Ada bawang hilang. Sekarang enggak. Ada penunggunya. Lebih terjaga, aman," ucap Tumini.

Pedagang bawang merah lainnya, Eko Prayitno menilai saat ini pasar memang terasa lebih nyaman karena atapnya tak bocor. Ia mengaku pernah memiliki pengalaman pahit saat berjualan di pasar sebelum direvitalisasi.

Sumber: