Meluncur di 25 Negara, Toyota Yaris Cross Miliki Kandungan Lokal 80 Persen

Meluncur di 25 Negara, Toyota Yaris Cross Miliki Kandungan Lokal 80 Persen

Toyota Yaris Cross-Tangkapan Layar-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Mulai meluncur di 25 negara, Toyota Yaris Cross ternyata memiliki kandungan lokal 80 persen. Hal ini seperti diungkap Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono, Rabu, 14 Juni 2023.

"Yaris Cross buatan Indonesia dengan kandungan lokal 80% baik versi bensin maupun HEV juga ditujukan untuk pasar ekspor ke negara-negara di kawasan Amerika Latin dan Asia, sehingga kami berharap dapat juga memberikan kontribusi ekonomi bagi bangsa Indonesia,” ujar Warih.

Total ada 25 negara yang menjadi tujuan ekspor Toyota Yaris Cross buatan Indonesia, sayangnya pihak TMMIN tidak merinci soal negara tujuannya.

Yaris Cross produksi Indonesia ini berbeda dengan Yaris Cross yang ada di Eropa dan Jepang. Versi Indonesia menggunakan mesin 1.500 cc dan 1.500 cc hybrid. 

Mesin tersebut mempunyai basis yang sama yang digunakan pada Avanza dan Veloz di Tanah Air. enurut Warih, produksi Yaris Cross merupakan bagian dari komitmen di Toyota Indonesia untuk mendukung program pemerintah. 

Hal itu terkait bagaimana mengurangi emisi dengan memberikan lebih banyak pilihan model elektrifikasi dan kendaraan hemat bahan bakar bagi beragam lapisan konsumen.

BACA JUGA:5 Kekurangan Yang Membuat Toyota Avanza Gen 3 Kerap Dikeluhkan Oleh Penggunanya.

Setelah melakukan produksi secara lokal dan ekspor mobil legendaris Indonesia, Kijang Innova Zenix, PT Toyota Motor Manufacuring Indonesia (TMMIN) juga merayakan produksi dan ekspor pertama All New Yaris Cross termasuk versi hybrid ke berbagai negara.

All New Toyota Yaris Cross resmi menjadi mobil hybrid kedua dari TMMIN yang dijual ke pasar ekspor yaitu untuk kawasan negara Amerika latin dan Asia. Seremoni yang dilakukan di pabrik TMMIN di Karawang, melakukan ekspor untuk seluruh model, yakni Yaris Cross tipe Bensin dan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Yaris Cross versi bensin dan HEV mengusung tingkat emisi CO2 yang rendah serta diklaim memiliki efisiensi bahan bakar tinggi. Diharapkan Yaris Cross dapat memberikan kontribusi pada pencapaian target Dekarbonisasi Pemerintah Indonesia dengan menjangkau lebih banyak konsumen dengan kebutuhannya masing-masing.

Dengan dilakukannya ekspor Yaris Cross memperkuat posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan Toyota di Asia Pasifik bahkan di era elektrifikasi. Terutama karena Indonesia dipercaya sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal model ini setelah Kijang Innova Zenix.

Masalah baterai untuk Yaris Cross hybrid, dirakit lokal oleh Toyota Indonesia di pabrik Karawang 2. Namun demikian, komponen baterai lithium-ion mobil ini masih tetap import dari Jepang.

Sedangkan untuk mesin diproduksi di pabrik Karawang 3. Produksi Yaris Cross juga menjadi bukti tingkat kedalaman industri manufaktur otomotif nasional ke level industri komponen lokal yang lebih dominan.

BACA JUGA:LUAR BIASA! 5 Orang Beneran Jadi Pemenang Toyota Agya Flash Sale Rp1 Shopee

Sumber: