Orientasi dan Peningkatan Kapasitas, Pamong Saka Bhakti Husada Brebes Digembleng Ketrampilan Kesehatan

Orientasi dan Peningkatan Kapasitas, Pamong Saka Bhakti Husada Brebes Digembleng Ketrampilan Kesehatan

Narasumber Dinkes Brebes, Jateng dan Kwarcab menyampaikan materi Orientasi SBH 2023.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Puluhan pamong Satuan Karya ( Saka ) Bhakti Husada Kabupaten Brebes, digembleng ketrampilan kesehatan. Hal itu tampak saat puluhan pamong dari Puskesmas mengikuti orientasi dan peningkatan kapasitas, Kamis 8 Juni 2023.

Kegiatan tersebut difasilitasi Dinas Kesehatan dan bersinergitas dengan Kwartir Cabang Brebes.

Kepala Dinkes Brebes melalui Kabid Kesehatan Masyarakat M Mukhtar menyampaikan, orientasi pamong Saka Bhakti Husada menjadi upaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang kesehatan. 

Harapannya, dapat diterapkan dalam dalam diri, keluarga, lingkungan dan mengembangkan lapangan pekerjaan di bidang kewirausahaan.

BACA JUGA:WOW! Dalam 6 Bulan, 18 Kasus Kekerasan Menimpa 12 Anak dan 6 Perempuan di Brebes

"Pengembangan kompetensi dan ketrampilan Saka Bakti Husada, tujuannya mendorong peningkatan SDM," terangnya.

Peningkatan ketrampilan dan kompetensi SDM, lanjut Mukhtar, dijabarkan dalam enam krida. Yakni, Krida Bina Keluarga, Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat dan Krida Bina Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 

Semuanya, dikembangkan melalui upaya pelaksanaan kegiatan dalam menjawab tantangan dan solusi permasalahan di bidang kesehatan.

"Implementasi pembekalan pamong Saka Bhakti Husada, selaras dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ," ujarnya.

BACA JUGA:Fasilitasi Penyusunan Advokasi Regulasi KTR, Dinkes Brebes Matangkan Wilayah Bebas Asap Rokok

Sementara itu, Pengelola Program KE dan Kesjaor Nuke Prasetyani menambahkan, selaras dengan citra Pramuka sebagai pelopor hidup bersih dan sehat. Saka Bhakti Husada diharapkan mencetak kader penggerak pembangunan kesehatan.

"Sehingga, tujuan orientasi pamong SBH mengaktifkan di tingkat Puskesmas Sam sekolah bisa terwujud dan lebih berkembang," tandasnya. *

Sumber: