Setelah Brebes Giliran Pemalang, Satu Jamaah Haji Meninggal Dunia di Madinah

Setelah Brebes Giliran Pemalang, Satu Jamaah Haji Meninggal Dunia di Madinah

Calon jamaah haji asal Kabupaten Pemalang saat pelepasan untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan dari pendopo Kabupaten.-M Ridwan-

PEMALANG, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Innalillahi Wainaillaihi Rojiun. Jamaah haji asal Dukuh Kranggan RT 03 RW 03 Desa Sewaka Kabupaten Pemalang dikabarkan meninggal dunia di Madinah, Kamis 8 Juni 2023.

Jemaah haji tersebut atas nama Mahmud bin H.Muchtar berusia 87 tahun. Yang bersangkutan meninggal dunia sekitar pukul 02.00 waktu Madinah di fasilitas pelayanan jamaah haji Indonesia atau KKHI ( Klinik Kesehatan Haji Indonesia ).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Pemalang Amin Wijayanti membenarkan informasi tersebut. 

Amin mengungkapkan, saat itu Rabu 7 Juni 2023, pukul 19.30 di kamar 406 Hotel Arjwan Azzahabi, Tenaga Kesehatan Haji Kloter ( TKHK ) menangani jemaah haji yang sakit atas nama Rahman (teman sekamar Mahmud).

BACA JUGA:Suasana Haru Selimuti Pelepasan 13 Calon Jemaah Haji Desa Klareyan Pemalang

Pada saat itu petugas sempat menanyakan kepada Mahmud, apakah ada keluhan. Jamaah haji tersebut menjawab tidak ada keluhan.

"TKHK menasehati jamaah tersebut untuk minum obat teratur karena mempunyai riwayat hipertensi dan untuk berhati hati. Apabila ke kamar mandi minta bantuan teman satu kamar karena jamaah lansia," jelasnya, Kamis 8 Juni 2023 kepada Radar Tegal melalui pesan WhatsApp.

Pukul 22.00 TKHK visitasi ke jamaah yang sakit. Petugas melihat Rahman sudah tidur. Pukul 01.30 TKHK mengantar pasien satu kamar Mahmud, atas nama Fatoni yang habis dirawat di KKHI.

Dan pada saat itu petugas mendapati Mahmud sudah tergeletak di kamar mandi.

BACA JUGA:Jatuh di Kamar Mandi hingga Pingsan, Jemaah Haji Asal Brebes Dirawat Intensif di Rumah Sakit

"Pendamping jamaah yang satu kamar tidak mengetahui karena yang berada dalam satu kamar tersebut tertidur semua," beber Amin.

Selanjutnya, kata dia, TKHK memindah Mahmud ke tempat tidur dan melakukan pemeriksaan nadi. Hasilnya tidak teraba, tangan kebiruan, pupil midriasis.

Selanjutnya petugas melakukan RJP ( Resisutasi Jantung Paru ) dan melapor ke EMT ( Emergency Medical Team )

"Pasien dinyatakan meninggal dunia," terangnya.

Sumber: