Jatuh di Kamar Mandi hingga Pingsan, Jemaah Haji Asal Brebes Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Jatuh di Kamar Mandi hingga Pingsan, Jemaah Haji Asal Brebes Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Jemaah haji asal Kabupaten Brebes yang tak sadarkan diri langsung dievakuasi menggunakan ambulance setelah terjatuh di kamar mandi..-DOK TPHD Brebes for Radar Tegal-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tidak hanya meninggal dunia, informasi terbaru satu calon jemaah haji (calhaj) asal Brebes harus mendapatkan perawatan medis di rumah sakit di Tanah Suci.

Calon jemaah haji tersebut dirawat intensif, setelah sebelumnya jatuh di kamar mandi hingga pingsan.

Kabar terbaru calon jemaah haji itu dibenarkan Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melalui Plt Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Faedurrohim. 

"Informasi terbaru, satu calhaj lainnya asal Brebes juga sedang menjalani perawatan intensif. Penyebabnya, jatuh dari kamar mandi hingga pingsan. Namun, hingga kini masih ditangani rumah sakit," terang Faedurrohim Senin 5 Juni 2023.

BACA JUGA:Dirawat di Madinah, Calon Jemaah Haji asal Brebes Meninggal Dunia

Lebih lanjut Faedurrohim menuturkan, mengantisipasi insiden atau perubahan suhu tubuh yang drastis di Arab Saudi, pihaknya terus mengimbau, semua jamaah agar selalu jaga kesehatan. 

Usahakan, jangan sampai dehidrasi karena tubuh akan kaget dengan perubahan iklim di Indonesia. Konsultasikan semua keluhan kesehatan, baik ke Tim Kesehatan Haji Indonesia maupun Tim Kesehatan Haji Daerah.

"Sehingga, tim kesehatan bisa memberikan pendampingan dan penanganan lebih efektif. Termasuk, patuhi semua arahan dan anjuran Ketua Regu, Ketua Rombongan hingga Petugas Pendamping Ibadah Haji Indonesia agar semua berjalan lancar," pesannya. 

Sementara itu, hhwal satu calon jemaah haji asal Brebes yang meninggal dunia, Faedurrohim mengungkapkan, calhaj tersebut bernama Winaryo Sukaryo Sukadir.

BACA JUGA:Pemkab dan DPRD Usul Kuota Haji Brebes Minimal 1.500 hingga 2.000 Jemaah

Dia dinyatakan meninggal dunia, Minggu 4 Juni 2023 sore, setelah dirawat intensif di Rumah Sakit Al-Harom Madinah. 

Almarhum Winaryo, tergabung dalam rombongan 2 bis 2 Kelompok Terbang 32. Hingga Senin 5 Juni 2023 siang, jenazah sudah dimakamkan di Madinah dan istri almarhum tetap melanjutkan ibadah haji.

Diketahui, almarhum Winaryo Sukaryo Sukadir merupakan pensiunan guru di salah satu SMA Negeri Kabupaten Brebes. Almarhum, berangkat ke tanah suci bersama istrinya tergabung dalam kelompok terbang 32. 

Dalam riwayat kesehatan, Winaryo diketahui memiliki riwayat penyakit Diabetes. Namun, masih tergolong ambang batas aman dengan kondisi kesehatan fisik yang baik.

Sumber: