Kreatif! Produk Daur Ulang Sampah Jadi Jawara Krenova Kota Tegal 2023

Kreatif! Produk Daur Ulang Sampah Jadi Jawara Krenova Kota Tegal 2023

ART PAPER - Wali Kota Tegal menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Kreanova. Salah satunya untuk kerajinan art paper model.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Siapa bilang produk daur ulang sampah tidak bisa berjaya? Dengan kreativitas tinggi, produk tersebut bisa menjadi lebih bernilai.

Salah satunya seperti Art Paper Model yang hari ini dinobatkan sebagai jawara Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Masyarakat Tingkat Kota Tegal 2023. Karya Rumah Krenova itu berhasil mengalahkan para pesaingnya yang ambil bagian dalam kegiatan itu.

Salah satu pembuatnya, Supriyadi Yos Setiobudi mengatakan, Art Paper Model dibuat bersama dua orang rekannya yakni Santoso dan Ahmad Subhan. Karya itu merupakan produk daur ulang sampah dengan berbahan dasar kertas.

“Ini merupakan kreasi model bentuk kerajinan berbahan kertas. Limbah kertas kita buat tanpa mengubah bentuk dan materinya. Kemudian, kita bentuk menjadi bentuk model seperti robot, mobil pesawat dan beberapa model lain,”katanya.

Menurut Supriyadi, Art Paper Model produknya sudah banyak dipesan pembeli dari luar kota Tegal. Namun, pihaknya hanya bisa membuat sesuai dengan pesananan dan belum berani menyetok.

“Sementara ini untuk produk yang banyak pesanannya adalah model robot. Jadi kita masih buat sesuai pesanan saja,”jelasnya.

Supriyadi mengungkapkan, untuk memproduksi satu robot dengan tingkat kesulitan sederhana, bisa menghabiskan waktu selama satu minggu. Sedangkan untuk tingkat kesulitan yang tinggi, waktunya satu bulan lebih hingga jadi.

BACA JUGA:Buat Aplikasi Pendeteksi Plat Nomor, Mahasiswa Poltek Harber Jadi Juara Krenova

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono berkesempatan menyerahkan hadiah dan penghargaan Art Paper Model. Kegiatan berlangsung pada Kamis, 8 Juni 2023 siang di Pendopo Ki Gede Sebayu.

Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya mengatakan, lomba krenova tidak hanya menjaring inovasi-inovasi terbaik berbasis masyarakat. Namun juga sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas hasil karya.

“Itu, sebagai upaya untuk meningkatkan dan memajukan produk inovasi yang berkualitas untuk masyarakat luas,”kata Dedy Yon.

Dedy Yon berharap agar masyarakat Kota Tegal senantiasa berkreasi dan berinovasi. Bukan hanya dalam rangka mengikuti lomba saja, tetapi dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal itu, sebagai upaya mendukung peningkatan perekonomian daerah,”tandas Dedy yon.

BACA JUGA:Berebut Hadiah Total Rp27 Juta, Puluhan Peserta Ikut Ajang Krenova 2021

Sumber: