Soal PAD Kabupaten Tegal, Gerindra: Melampaui Target Tapi Ada Selisih Besar dengan Realisasi

Soal PAD Kabupaten Tegal, Gerindra: Melampaui Target Tapi Ada Selisih Besar dengan Realisasi

PARIPURNA - Sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Tegal mengikuti Rapat Paripurna, Selasa, 6 Juni 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Sebagian Fraksi di DPRD Kabupaten Tegal mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal saat penyampaian pandangan umum fraksi dalam Rapat Paripurna tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tegal tahun anggaran 2022, Selasa, 6 Juni 2023.

Namun, Fraksi Gerindra dan Golkar justru mengkritisi soal PAD dan Pelaksanaan APBD.

"Walau PAD melampaui target hingga 111,78 persen, tapi ada selisih besar antara target dan realisasi," kata Ketua Fraksi Gerindra Ninik Budiarti melalui Pandangan Umumnya.

Sedangkan Ketua Fraksi Golkar M. Khuzaeni menyinggung soal pelaksanaan APBD. Menurutnya, APBD tahun 2022 adalah APBD yang kelabu. 

"Karena baru pernah terjadi gagalnya pembahasan APBD Perubahan, jadi WTP terasa hambar," tandasnya. 

BACA JUGA:Pendapatan Daerah Kabupaten Tegal Capai 101,59 Persen, PKB Bilang Begini

Sementara itu, Fraksi PKB mengucapkan selamat atas pencapaian luar biasa karena selama 7 kali berturut-turut Pemerintah Kabupaten Tegal menyandang predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Tegal yang telah selesai diaudit oleh BPK.

Begitu pula dengan Fraksi PDI Perjuangan yang juga mengucapkan selamat atas raihan WTP tersebut.

"Namun sayangnya, akuntabilitas keuangan daerah yang ditunjukkan dalam LHP BPK baru sebatas kewajaran administratif," kata Ketua Fraksi PDI Perjuangan Nursidik, melalui pandangan umum Fraksi.

Hal senada disampaikan Ketua Fraksi PPP Nurani Rakyat Naufal Sholeh. Dia menilai, Pemerintah Kabupaten Tegal sudah sangat baik karena berhasil mempertahankan prestasi WTP sebanyak 7 kali berturut-turut.

Tidak terkecuali dengan Fraksi Demokrat Sejahtera. Secara umum, Fraksi ini juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Tegal atas laporan Pertanggungjawaban APBD 2022 yang telah berjalan baik.

"Hal seperti ini harus dipertahankan," kata Ketua Fraksi Demokrat Sejahtera Sriyanto. ***

Sumber: