Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Bukan Sekedar Dibaca dan Didengar

Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Bukan Sekedar Dibaca dan Didengar

SAMBUTAN - Wali Kota Tegal Dedy Yon memberikan sambutan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2023.-TEGUH M/RADAR TEGAL GROUP-

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Hari ini, Kamis, 1 Juni 2023 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Upacara peringatannya digelar secara serentak di Kota Tegal tadi pagi.

Kegiatan peringatan hari lahir Pancasila di Kota Tegal digelar di halaman pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Wali Kota Tegal Dedy Yon bertindak sebagai inspektur upacara. 

Dedy membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam amanatnya. Jokowi dalam sambutannya mengatakan, Pancasila merupakan falsafah dasar dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu juga merupakan pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila merupakan hasil penggalian dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional. Untuk itu sudah selayaknya semua bangsa Indonesia mengaktualisasikannya,”katanya.

BACA JUGA:Johnny G. Plate Jadi Tersangka, Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt Menkominfo

Presiden mengajak masyarakat untuk bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023. Serta berkomitmen bersama-sama untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaganya.

“Juga nilai yang ada di dalamnya, serta berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap serta perilaku patriotik, cinta tanah air. Juga menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,’’ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, semua pihak selayaknya senantiasa mengamalkannya dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebab, Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual dan pengalaman akal serta pengalaman religius.

“Peringatan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa. Namun turut menjadikannya sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,”ujar Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA:Bakar Semangat Massa di Jawa Barat, Ganjar Puji Pertumbuhan Ekonomi Era Jokowi

Menurutnya, bukan hanya untuk sekedar semua dibaca dan didengar. Namun harus teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai- nilainya akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

Hadir dalam kegiatan anggota Forkopimda antara lain Dandim 0712/Tegal, Danlanal Tegal, Kapolres Tegal Kota, Pj. Sekda Kota Tegal dan pejabat lainnya.  Adapun peserta upacara berasal dari PNS, TNI/Polri, ormas, mahasiswa, dan pelajar. ***

Sumber: