Jadi Pembicara MNC Forum LXX, Ganjar: Jika Dikasih Amanah Saya Akan Hitung-hitungan

Jadi Pembicara MNC Forum LXX, Ganjar: Jika Dikasih Amanah Saya Akan Hitung-hitungan

Jadi Pembicara MNC Forum LXX, Ganjar bilang Jika Dikasih Amanah Saya Akan Hitung-hitungan--

JAKARTA, RADARTEGAL.COM - Calon presiden (capres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo meyakini bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia. 

Tak sekadar menjadi ramalan, Ganjar optimis hal itu benar-benar terwujud dengan roadmap yang disusun secara jelas.

Hal itu disampaikan Ganjar saat dirinya diundang untuk menjadi pembicara MNC Forum LXX (70th) bertajuk Globalisasi, Peluang dan Tantangan Bagi Indonesia ke Depan di Jakarta Concert Hall iNews Tower lantai 14, Senin 29 Mei 2023. 

Acara itu dihadiri pendiri MNC, Hary Hary Tanoesoedibjo dan 23.000 karyawan MNC, serta para kader dan elit Partai Perindo.

BACA JUGA:Ganjar Sebut Banten Punya Sejarah Toleransi yang Luar Biasa

"Siapa bilang Indonesia itu negara miskin. Kita itu negara kaya dan diramalkan jadi negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Indonesia itu kaya, hanya kita belum menghitung seberapa besar potensi itu. Kalau saya dikasih amanah, saya akan cari orang untuk menghitung itu, lalu kita optimalkan," katanya.

Ganjar mencontohkan, diantara sumber kekayaan alam yang belum dieksplore dengan baik di Indonesia adalah sektor maritim. 

Negara kepulauan yang memiliki luas lautan 3.273.810 km persegi ini, masih belum mengoptimalkan sumber daya yang ada di dalamnya.

"Luas laut kita itu 6 kali dari Vietnam. Tapi, hasil laut kita jika dibanding dengan Vietnam baru sepertiganya. Kita masih kalah," kata Ganjar.

BACA JUGA:Ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanuddin, Ganjar: Kita Belajar Banyak Soal Toleransi

Laut Indonesia baru dioptimalkan untuk perikanan tangkap. Dari sektor perikanan tangkap saja, Indonesia belum memberikan sumbangsih besar.

Sektor perikanan tangkap di Indonesia masih kalah jika dibandingkan negara lain.

Padahal, banyak sektor lain yang bisa menghasilkan manfaat besar dari maritim Indonesia. Sektor energi, mineral dan semua kekayaan yang terkandung di lautan Indonesia termasuk tourism, dan masih banyak yang lainnya.

"Kalau sektor maritim ini kita garap serius dan dioptimalkan, kita bisa menaikkan PDB kita 100 persen tiap tahun," jelasnya.

Sumber: