Ada Karya Ecoprint di Slawi Ageng Expo 2023, Ternyata Pembuatnya Anak-anak

Ada Karya Ecoprint di Slawi Ageng Expo 2023, Ternyata Pembuatnya Anak-anak

KUNJUNGI STAND - Kepala SMP Negeri 1 Kramat, Hening Haryanti (tiga dari kiri) menyambut kedatangan Bupati Tegal Umi Azizah saat berkunjung ke stand pameran Ecoprint, bersama Plt Kepala Dinas Dikbud, Kepala BI Tegal dan Asisten 2 Kabupaten Tegal, Jumat, 26-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

Diketahui sekolah penggerak yang memiliki jumlah siswa sebanyak 864 anak itu kerap mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) untuk memamerkan hasil karya ecoprint siswanya.

Bahkan, pada Desember 2022 lalu, SMP Negeri 1 Kramat juga mengikuti pameran Ecoprint di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Kabupaten Karanganyar untuk mewakil Dinas Dikbud Kabupaten Tegal.

"Kami mengikuti pameran ecoprint ini untuk mewakili Dinas Dikbud," kata Kepala SMP Negeri 1 Kramat Hening Haryanti SPd MPd, Jumat, 26 Mei 2023.

Hening menjelaskan, ecoprint adalah proses membuat motif tumbuhan pada kain dengan bahan asli tumbuhan. Kondisi lokal SMP Negeri 1 Kramat yang banyak memiliki aneka jenis tumbuhan dan dapat dijadikan sebagai bahan bakunya.

Hasil kreasi ecoprint anak didiknya itu, dikelompokkan menjadi 2, yaitu Ecoprint dengan cara Ponding (pukul) dan Steam (kukus).

Hasil keduanya antara lain, kain panjang, taplak meja, tas, kipas angin kain, dan topi.

"Kami juga sudah sering memproduksi baju dan kemeja yang berbahan dari ecoprint," sambung Hening. ***

Sumber: